Yosemite National Park & San Fransisco California Road Trip Part 3 – Final

Tuesday, March 5th, 2019 - Amerika
Advertisement
advertisement

Habis liat video2 tentang alam di National Geographic dan film dokumenter lainnya, ke Yosemite udah jadi salah satu bucket list dan Alhamdulillah awal Mei ini kesampaian juga menjejakkan kaki disana. Nah kalo mau kesana gimana dan apa yg perlu disiapkan?

1. Gimana caranya kesana?
Bagi yang dateng langsung dari Indonesia ato negara lain, bandara internasional yg paling dekat adalah San Francisco International Airport (SFO). Bagi yg punya SIM internasional (disarankan bgt punya), cara paling mudah adalah rental mobil. Dari SFO jarak sekitar 320 km dan butuh kira2 4 jam perjalanan tanpa berhenti, jadi kalo mampir2 berhenti makan dll bisa lebih lama lagi. Tiket masuk taman nasional $30 untuk satu mobil, gak tergantung jumlah orang, jadi makin banyak makin murah.
Kalo mau naik angkutan umum, caranya naik kereta atau bus langsung dari SF ke kota Merced, dari sana ganti bus YARTS yang jalan direct langsung ke Yosemite Valley dgn tarif $13 sekali jalan & udah termasuk tiket masuk Yosemite National Park.
Di dalam Yosemite Valley banyak tersedia parkir mobil di dekat tiap objek wisata; atau kalo males nyetir ato emang ga bawa mobil disediakan shuttle bus gratis yg mengelilingi taman jadi praktis.
Info: https://yarts.com/

2. Dimana bisa menginap?
Di dalam Yosemite Valley sendiri ada banyak penginapan, dari kategori budget sampe mewah, meskipun utk penginapan budget sendiri termasuk lumayan mahal; contohnya kami nginap di Half Dome Village yang berbentuk tenda besar bisa muat 4-5 orang, kamar mandi sharing di luar (ada air panas), biaya per malamnya sekitar $240. Utk yg kelas hotel bisa sampe $400 atau lebih. Fasilitas lumayan lengkap, ada heater, colokan, sama brankas, tapi di tenda ga ada wifi, cuma bisa di lobby depan dekat parkiran mobil.
Alternatif penginapan yg murah ada di luar area taman nasional, per kamar bisa dapat antara $100-$200, cuma lokasinya agak jauh sekitar 30 menit – 1 jam dari pintu masuk taman dan untuk akses rata2 wajib bawa kendaraan sendiri, jadi kurang recommended. Booking bisa dilakukan dgn mudah via online, tapi menidng dari jauh2 hari soalnya cenderung rame, apalagi pas peak season di musim panas (Juli-Agustus).
Reservasinya lewat sini:
https://www.nationalparkreservations.com/…/yosemite…/lodges/
Kalo makanan bisa beli di dalam area taman, ada banyak restoran dan banyak pilihan menu makanan, opsi seafood & vegetarian juga ada, meskipun harganya cukup mahal, kira2 $10-$20 untuk sekali makan, jadi kalo mau ngirit bisa bawa bekal beli di supermarket sebelum masuk taman.

3. Aktivitas disana ngapain aja?
Banyak banget! Saya sendiri kmaren disana 2 hari semalam, itupun rasanya kurang puas, karena masih banyak hal yg pengen dilakukan. Buat pecinta alam, ini bisa dibilang salah satu surganya, soalnya leyeh2 berbaring di rumput sambil menikmati pemandangan aja bener2 rasanya menakjubkan. Bisa rental sepeda keliling taman, jogging atau sekedar jalan santai dan foto2. Tapi ke Yosemite gak pas rasanya kalo gak hiking, disini banyak bgt trail menarik yg bisa dicoba dari level beginner (jalan landai dan cukup ditempuh dlm waktu 1-2 jam), sampai advanced (jalan menanjak naik gunung & butuh waktu 6 jam atau lebih). Contoh trailnya ada macam2, ada yang ke air terjun, danau, padang rumput, dan cocok untuk segala umur. Kalo udah puas, bisa ke galeri ato museum utk belajar ttg sejarah, penduduk suku asli yg menetap disana, dan guided tour dari bird sightseeing atau bahkan aktivitas malam melihat bintang2 (berbayar).
Lebih lengkapnya bisa dilihat di website resmi: https://www.travelyosemite.com/

4. Apa yang perlu disiapkan?
Karena lokasinya di dataran tinggi (di atas 1200 mdpl) suhu cukup sejuk sekitar 20 C (di musim panas) atau dingin di bawah 15 C (selain musim panas) jadi perlu jaket atau baju hangat. Bagi yg bawa mobil wajib isi bensin di kota terakhir sebelum masuk ke Yosemite (Mariposa atau Oakdale) karena ga ada pom bensin di dalam area taman, dan pom bensin di dekat pintu masuk taman harganya bisa 2 kali lipat. Trus kalo datang pas musim dingin, awal semi atau akhir gugur, pastikan mobilnya pake winter tire dan sedia tire chain di mobil, karena kalo gak bakal ditolak masuk; meskipun pas waktu ini disarankan mending naik transportasi umum biar ga ribet. Buat makanan meskipun di dalam taman ada restoran, kalo mau menghemat mending bawa bekal sendiri beli di supermarket. Oya sama disini ga ada sinyal HP sama sekali (kecuali di visitor center doang dan ada free wifi di lobby hotel, meskipun cuma dibatasi max 2 koneksi per kamar, itupun lemot banget…) jadi ada baiknya bawa buku bacaan ato board games buat dipake bareng sama temen ato keluarga, biar ga bosen pas malem2.

PENTING: Area Yosemite khususnya mulai awal musim semi sampe akhir musim gugur punya kemungkinan didatengin beruang yg bangun dari hibernasi & aktif mencari makanan, jadi patut waspada. Beruang di area Yosemite nya sendiri makanannya bunga, buah, serangga, rumput & tidak berbahaya thd manusia, misal ketemu beruang tinggal diusir atau diteriakin biasanya kabur. Cuma masalah utamanya bukan beruang yg menyerang manusia, tapi gak jarang beruang membobol tenda, koper, atau bahkan mobil gara2 mencium aroma makanan atau yg wangi kayak sabun, shampoo, deodorant dll (karena makanannya bunga & buah), jadi segala makanan & apapun itu yg punya aroma WAJIB HUKUMNYA dikeluarin semua dari mobil, trus dimasukin ke locker anti beruang yg disediakan di depan tenda atau di tiap parkiran. (ga boleh ditinggal di dalem tenda jg soalnya bisa dibobol, tendanya rusak, harus ganti rugi ratusan dolar; dan kalo di tinggal di mobil kaca sama pintunya bisa dipecahin hanya gara2 beruangnya lapar)

Setelah experience suasana kota besar dan ramai di San Francisco, sampai di Yosemite bener2 serasa masuk ke negeri dongeng, indah banget kayak wallpaper komputer tapi nyata di depan mata, beda jauh sekali suasananya, sepi dan sunyi jauh dari permukiman, banyak binatang liar (sempet liat beruang juga!) dan yang paling kerasa adalah udaranya yang benar2 segar tanpa polusi. Pokoknya Yosemite bener2 super bgt deh, susah diungkapkan dlm kata2, jadi buat referensi langsung liat video dan foto2 nya aja ya hehehe

[SAN FRANCISCO]

Setelah Los Angeles, SF adalah kota yg paling terkenal dan menurut saya lebih indah dan photogenic dibandingkan LA karena konturnya berbukit2 dan terletak di pinggir laut sehingga kombinasinya wow! Buat SF itinerary saya standar, ke tempat2 yg paling terkenal & sering dikunjungi seperti Alcatraz, Golden Gate Bridge, dll, sebagai berikut:

[ALCATRAZ ISLAND]
Penjara paling terkenal & bersejarah di AS, sekarang udah ga dipake & jadi museum. Letaknya di tengah2 teluk dikelilingi air yg dingin & katanya banyak ikan hiu, bikin tempat ini ideal buat penjara bagi penjahat kelas kakap seperti Al Capone. Akses kesini harus pake tour resmi & harus booking dari jauh2 hari soalnya rame (Tips: pilih jam yg paling pagi, soalnya makin siang makin rame) Setelah sampe di pulau, bebas mau tinggal berapa jam pun sampe jadwal kapal terakhir.
Booking di sini, harga $38 per orang: https://www.alcatrazcruises.com/
Naik kapal dari Pier 33 dekat stasiun The Embarcadero & Bay St, Naik mobil kurang disarankan karena susah cari parkir dan mahal.

[FISHERMAN WHARF]
Letaknya dekat dari tempat naik kapal menuju Alcatraz, disini berjejer banyak restoran, toko souvenir, dan yg wajib dikunjungi adalah tempat nongkrongnya puluhan anjing laut di Pier 39. Kuliner yg wajib dicoba di SF tentunya seafood, & yg paling terkenal adalah Clam Chowder, jadi sup krim kerang di dalam roti tebal. Berhubung ada clam chowder yg dicampur bacon, jadi buat muslim ada baiknya tanya dulu. Selain itu ada banyak pilihan lain kayak fish ‘n chips, cioppino (seafood stew), dan hidangan kepiting. Lalu jgn lupa mampir ke Ghirardelli Ice Cream Shop di Ghirardelli Square buat hidangan penutupnya (dan buat beli aneka souvenir coklat), meskipun harus waspada soalnya rata2 tiap porsi bisa 700-1200 kalori, meskipun mumpung udah di SF sebaiknya lupakan aja lah ya diet nya, sementara ini… hahaha
Dari Ghirardelli Square lumayan dekat ke Lombard Street, tempat jalan yg diklaim paling berbelok2 di dunia. Kalo nyetir mobil sangat disarankan coba nyetir di Lombard Street, sensasinya mantap! (meskipun jujur masih lebih susah nyetir di gang2 kampung Jakarta ato Bandung sih hahaha)
Pier 39 dekat stasiun The Embarcadero & Stockton St, sedangkan Fisherman’s Wharf dan Ghirardellii Square dekat stasiun Jones St & Beach St, Naik mobil kurang disarankan karena susah cari parkir dan mahal, kecuali di Lombard Street, On street parking gratis tersedia di dekat lokasi.

[PALACE OF FINE ARTS]
Taman kota yg indah, asri, bersih, dengan bangunan bergaya arsitektur klasik Yunani, cocok untuk santai2 setelah capek seharian jalan dan makan banyak di Fisherman’s Wharf.
On street parking gratis tersedia di dekat lokasi.

[PAINTED LADIES]
Penggemar serial komedi era 90an Full House pasti tahu daerah ini soalnya dipake jadi opening scene. Jadi ini aslinya cuma deretan rumah2 biasa, tapi gaya arsitekturnya khas San Francisco yg berwarna-warni dan viewnya kalo dilihat dari bukit di taman Alamo Square bener2 wow soalnya bisa ngeliat jg skyline gedung2 pencakar langit SF. 
On street parking gratis tersedia di dekat lokasi.

[GOLDEN GATE BRIDGE]
Dan pastinya ikon paling terkenal SF, apalagi kalo bukan jembatan Golden Gate, warnanya merah, ikonik banget, dan bentangnya lumayan panjang, hampir 3 km. Akses paling gampang adalah ke sisi selatan, vista point dekat Crissy Fields, bisa diakses via bus atau kalo nyetir sendiri parkir tersedia banyak. Tapi menurut saya view paling bagus adalah dari sisi utara di atas perbukitan dari Battery Spencer. Akses bisa pake bus atau uber, tapi naik mobil kurang disarankan soalnya parkir susahnya minta ampun (bisa nunggu sampe setengah jam sendiri) dan kena tarif menyeberang tol $7.75 yg ke arah selatan (arah balik) yang bayarnya ribet, online tapi harus pake CC keluaran AS, CC negara lain ga bisa.

Sekian dulu trip report saya, kalo ada yg mau ditanyakan bisa via comment ato langsung DM, insya Allah akan saya jawab sebisa mungkin.

–KEEP TRAVELLING AND BE HAPPY!!–

Pictures gallery of Yosemite National Park & San Fransisco California Road Trip Part 3 – Final

Advertisement
advertisement
Yosemite National Park & San Fransisco California Road Trip Part 3 – Final | Backpacker | 4.5