Woow!! 9 Hari Keliling Iceland

Wednesday, February 6th, 2019 - Eropa
Advertisement
advertisement

Beberapa tahun terakhir ini laman FB rame banget dipenuhi foto dan cerita temen2 BI yang hunting dan berhasil melihat Aurora Borealis. Hal ini membuat cita2 lama saya muncul lagi.
Singkat cerita setelah melakukan research kapan waktu terbaik melihat si cantik Aurora, kami memilih bulan Maret dengan pertimbangan udara sudah lebih bersahabat dan waktu siang sudah lebih panjang.

Bersyukur sekali selama 9 hari di Iceland (tgl 05 s/d 14 Mar 18), bisa 3x melihat Aurora..

Aurora pertama waktu itu berupa awan putih yang tidak tertangkap dengan mata telanjang, namun ketika difoto warnanya berubah menjadi hijau. Melihatnya saat itu sudah membuat kami happy banget…. 😁
Sebuah anugrah Tuhan yang luar biasa..

Lalu kami diberi kesempatan melihatnya lagi. Kali ini di Jokulsarlon.. 
Saya masih ingat, saat itu masih sekitar jam 9.. kami baru selesai makan malam dan dari jendela kamar yang kebetulan menghadap ke gunung kami melihat pemandangan di langit yang sudah diliputi cahaya hijau. Langsung seketika itu juga kami semua lari ke lapangan parkir hotel.. 
Aurora kali ini sangat aktif meskipun terhalang gunung di depan hotel.
Cahaya hijaunya yang sangat terang terus bergerak-gerak dan terkadang terlihat juga sedikit warna ungu, pink dan putih.. ga bisa digambarkan dengan kata-kata.. indah banget…!!
Thank you Lord for taking me here.

Ga lama, tour leader kami, William Setiawan mengajak ke lapangan luas yang tidak terhalang gunung untuk spot fotonya. (oh ya, William Setiawan adalah fotografer Indonesia yang tinggal di Belanda dan sudah sering banget ke Iceland sehingga sudah tau spot untuk lihat Aurora serta spot foto yang bagus..) Thanks ya William sudah mengabadikan moment kami bersama aurora.😀😀

Gak hanya aurora, banyak yang kami kunjungi dan lihat selama di Iceland.
Roadtrip kami dimulai dari Keflavik ke West Iceland – Borgarness – Blue Lagoon – South Iceland (Golden Circle, Vik, Jokulsarlon and joint Ice Caving Tour) – Eastern Iceland – North Iceland (Lake Myvatn, Godafoss, Akureyri) – Reykjavik dan kembali ke Keflavik.

Jika ada yang mau detail itinerary-nya, bisa langsung DM saya ya.

View sepanjang perjalanan sangat spektakuler, melewati pinggir laut, lava field, air terjun dan bebatuan serta sekumpulan kuda. 
Oh.. cuaca pun berganti-ganti.. Matahari yang sangat cerah sepanjang perjalanan ke West dan South Iceland sangat berbeda dengan saat melintasi Eastern dan North Iceland yang foggy dan snowy dengan jarak pandang yang pendek. Kami seperti medapat paket lengkap..☺

Berikut beberapa tips untuk yang merencanakan ke Iceland :
1. Persiapkan trip jauh-jauh hari. Hotel dan pesawat akan lebih murah jika booking dilakukan jauh sebelumnya.

2. Masukan West Iceland (Snaefellness Peninsula – Kirkjufell) ke list to visit di Iceland. Pemandangan sepanjang perjalanan kesana juga bagus sekali. Ga akan nyesel..!! Buktiin deh..
Kalau terpaksa masih dimungkinkan kok untuk balik ke Keflavik/Reykjavik tanpa bermalam, tapi sebaiknya tinggalah minimal 1 malam karena banyak spot bagus yang bisa dikunjungi sepanjang kawasan Snaefellness Peninsula.

3. Cara paling mudah dan murah untuk keliling Iceland adalah dengan menyewa mobil. Namun sebelum berangkat sebaiknya PELAJARI dan MENGERTI dulu rambu-rambu lalu lintas disana (terutama untuk yang baru pertama kali nyetir di luar negeri) karena dalam prakteknya tidak semudah yang kita bayangkan terutama saat masuk ke dalam kota.

4. Untuk winter trip, atur jadwal yang lebih longgar dan flexible, jangan terlalu mepet. Pertimbangkan factor cuaca yang tidak mendukung serta kemungkinan jalan yang ditutup karena salju.

5. Sewalah mobil 4 WD karena lebih aman.

6. Waktu saya, SIM A berlaku di sana (namun kalau ragu bisa tanya dulu ke car rental).

10. Sering pantau kondisi jalan melalui aplikasi www.road.is

11. Kalau mau ke Blue Lagoon, pesanlah tiket jauh2 hari, maksimal 1 bulan dimuka karena kalau tinggal 1 atau 2 minggu prime slot biasanya sudah habis dan harganya juga sudah naik.

13. Kalau tujuan utama mau ambil gambar Aurora yang tidak buram / goyang, HARUS bawa tripod, karena ga mungkin kalau ga pakai tripod.

14. Check aurora forecast dan aktivitas aurora melalui aplikasi www.vedur.isapabila langit cerah, walaupun aktivitasnya low, aurora masih dapat terlihat.

15. Sering-2 melihat ke langit (lihatnya ke arah utara ya😁). Kalau ada cahaya putih bergerak-gerak, coba capture dengan kamera. Karena kadang-kadang aurora tidak tertangkap mata namun warnanya berubah hijau saat difoto.

16. Untuk menghemat budget makan, bawalah makanan kering dari Indonesia atau dengan memasak sendiri. Untuk grocery bisa beli di supermarket disana. Supermarket yang besar namanya Bonus.

17. Ga perlu bawa uang cash terlalu banyak, karena hampir seluruh toko menerima pembayaran dengan kartu kredit. Aktifkan PIN KK sebelum berangkat ya.

18. Meski mobil dilengkapi GPS, sebaiknya tetap beli SIM card local untuk jaga-jaga kalau terjadi situasi emergency. Waktu itu provider sim card yang kami beli SIMMIN.

19. Apalagi yaa?.. oo.. di Iceland jarang pohon tinggi.. positifnya, pemandangannya jadi sangat terbuka. Tapi negatifnya, karena ga ada penghalang, anginnya yang kencang membuat udara terasa lebih dingin. Jadi syal, gloves, topi serta baju yang proper is a MUST.

Dan ini yang paling penting :
Jangan pergi ke Iceland dengan tujuan hanya untuk melihat Aurora, tapi pergilah untuk menikmati keseluruhan Iceland… karena selain Aurora, banyak sekali yang bisa dilihat di Iceland. Aurora itu hanya bonus.. 
percayalah KALAU JODOH PASTI BERTEMU…😍😍

So if you can, just go..!!

#BIICELAND
#BIAURORA

Pictures gallery of Woow!! 9 Hari Keliling Iceland

  • cc1
Advertisement
advertisement
Woow!! 9 Hari Keliling Iceland | Backpacker | 4.5