Visa Schengen Jerman Di Surabaya

Friday, March 1st, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Mengajukan visa Schengen bisa melalui Konsulat Kehormatan Republik Federal Jerman di kota Surabaya.
Apa kelebihannya? 👍
1. Tidak ada persyaratan surat yang harus diterjemahkan.
2. Pengajuan langsung ditangani staf perwakilan negara tujuan, bukan via pihak ketiga. Judgment langsung. Jadi menurut saya visa lebih pasti keluar (asal persyaratan lengkap).
Apa kekurangannya? 😐
Cuma 1. Jerman terkenal pelit dan strict dalam pemberian ijin. Periode traveling Anda selama 10 hari? Diberi visa pas untuk 10 hari juga. Ahh. Tapi bagi saya sih OK.

Sebelumnya perlu diingat: Pengajuan visa Schengen dilakukan di negara tempat mana Anda akan menghabiskan waktu terlama/yang menjadi tujuan utama Anda.

Saya mendapat persyaratan visa Schengen setelah mengirim email ke pihak Konsulat langsung (lihat gambar terlampir!). Saya akan bahas yang relevan dengan pengajuan saya saja:

1. 📜Mengisi formulir online di website yang diberikan. Agak membingungkan, tapi saya bisa tanya ke staf Konsulat dan juga cari referensi pengisian formulir Videx untuk Schengen di Google. Lancar. (Isi dengan sebenar-benarnya ya)

2. 🌍Print dan isi lembar pernyataan daftar negara yang ingin dikunjungi selama di zona Schengen dari situs Kedubes Jerman. Lagi-lagi agak bingung, karena saya mengunjungi banyak negara. Tapi sekali lagi bisa dikonsultasikan dengan staf Konsulat.

3. 👦2 pasfoto standar ICAO berwarna. Konsulat menyarankan foto di studio foto yang ditunjuk. Saya patuhi saran tersebut, karena tidak mungkin Anda mencetak foto standar ICAO di warnet dekat rumah yang penjaganya sepertinya masih ingusan, bolos sekolah, tidak mandi, dan sambil merokok.

4. 🛫Fotokopi booking penerbangan PP. Simpel. Saya kebetulan memang sudah beli tiket dulu sebelum mengajukan visa. Tiket murah tidak datang setiap saat, brosis sekalian.
Jangan takut beli tiket hanya karena takut tidak dapat visa! Backpacker kudu semangat. 💪

5. 🛌Konfirmasi booking penginapan selama di zona Schengen. Khusus syarat akomodasi yang di Jerman agak berat karena email booking harus dari pihak hotel/hostel langsung, tidak dari situs pembooking. Simpel sih. Misalnya Anda ketemu nama hotel murah di Booking.com. Tinggal cari situs aslinya si hotel itu di Internet via Google.com dan booking langsung di sana!
Untuk yang di negara lain, bisa pakai situs manapun. Saran saya, cari yang free cancellation dan no initial payment needed dulu, supaya Anda tetap fleksibel.
Saya agak salah mengenai durasi hari di tiap negara gara-gara bookingan hotel. Ingat bahwa tanggal check in dan check out dianggap sebagai 2 hari oleh pihak Konsulat! Meskipun Anda berencana check out di subuh sekalipun, dan pergi ke negara lain pagi-pagi, Anda tetap dianggap 2 hari di negara pertama.

6. 🏥Asuransi Kesehatan Perjalanan. Saya pilih yang bisa dibeli online dan populer dipakai oleh backpacker Indonesia dan harganya terjangkau (tahulah yang mana. Hehehe… Saya tidak tulis disini karena tidak mau beriklan. PM saya untuk info).

7. 💲Fotokopi rekening seluruh buku tabungan. Saran saya, usahakan saldo masuk akal (sekiranya cukup untuk membiayai hidup selama di Schengen area), dan jangan ada kelihatan dana besar masuk secara mendadak. Pihak Konsulat tidak menuliskan angka saldo minimal.

8. 💼Karena saya masih bekerja, surat keterangan kerja dari perusahaan tempat saya bekerja. Saya buatkan dalam bahasa Inggris. Isinya menjelaskan bahwa saya benar karyawan perusahaan saya, dan saya minta visa untuk ke █████ selama █████ untuk tujuan wisata, dan saya dijamin akan kembali ke Indonesia setelah perjalanan usai.
Dan juga slip gaji. Bawakan slip gaji 3 bulan terakhir saja, meskipun di persyaratan tidak disebutkan. Saya hanya bawa 1 bulan dan untungnya tidak apa-apa.

9. 💳Ini tidak ditulis di daftar persyaratan, tapi Anda perlu membawa juga fotokopi Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. Bawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk juga, just in case. Tidak perlu diterjemahkan.

10. 💶Biaya pengajuan visa akan dibayarkan tunai di tempat sesuai kurs EUR-IDR di hari itu.

9999. 🗒️Ini tidak masuk ke persyaratan resmi, tapi AKAN SANGAT MEMBANTU KALAU ANDA MEMBAWA ITINERARY PERJALANAN ANDA. Ini bisa membantu menjelaskan banyak hal, misalnya kenapa ada beberapa hari tanpa booking akomodasi (karena naik bus/kereta malam etc). Itinerary juga membantu meyakinkan pemerintah negara tujuan bahwa Anda punya rencana yang jelas selama di sana, tidak luntang-lantung seperti anak hilang (maaf untuk para bolangers di sini). The Germans love tidiness, order, and efficiency.

☎️Kemudian, Anda harus membuat janji temu dengan pihak Konsulat via telepon. Patuhi jam operasional yang berlaku. Anda juga bisa buat janji temu untuk sekadar cek dokumen dulu, lho. Mbak petugasnya sangat membantu. 👧

Sekian sharing dari saya. Alamat, alamat email, nomor telepon, biaya dsb sengaja tidak saya tuliskan agar Anda bisa mencari sendiri informasi terkini di Internet. Bila ada pertanyaan, silakan comment! Post ini adalah #PostBebasBully.

#BIEurope #BIEropa #BIVisa #BISchengen #BIInfo

Pictures gallery of Visa Schengen Jerman Di Surabaya

Advertisement
advertisement
Visa Schengen Jerman Di Surabaya | Backpacker | 4.5