Tips Traveling Murah ke Norwegia dan keseruan perjalanannya

Monday, September 24th, 2018 - Norwegia
Advertisement
advertisement

Kemarin ada teman kantor yang bilang, memang ada apa kok ke Norway 🇳🇴liburannya, kenapa tidak ke Paris, London atau tempat-tempat yang terkenal lainnya, kamu sepertinya anti mainstream 😄.

Saya sebenarnya suka juga selfie di tempat-tempat yang biasa di kunjungi kebanyakan orang, tapi itu bonus aja setelah explore pegunungan, danau dan alam pedesaannya.

Tahun ini pilih Norway, awal mulanya hanya sebuah batu, dari fotografer favorit saya yang lg foto di atasnya, akhirnya nyari-nyari info itu dimana, dan ketemu kalau itu di Norway.

Setelah baca-baca terutama lihat foto-foto di Pinterest, kebanyakan kalau ke Norway itu banyak yang hiking di tiga tempat ini untuk selama 10 hari: 1. Preikestolen aka Pulpit Rock, 2. Kjeragbolten, 3. Trolltunga.

Dari ketiga tempat itu yang terjauh trekking nya adalah Trolltunga yang bisa di tempuh 10 jam naik turun. Preikestolen atau Pulpit Rock yang di pakai syuting Film Mission Impossible 6, Tom Crusie itu yang termudah di tempuh sekitar 4-6 jam naik turun, meski termudah tapi tetap saja membuat ngos-ngosan, trek nya yang nanjak dan penuh bebatuan, maklum usia juga gak bohong😜.
Dan ini yang merupakan target utama saya adalah Kjeragbolten bisa di tempuh sekitar 6 jam naik turun.

Karena yang membuat itenary dan segala macamnya adalah mantan pacar aka istri, yang tidak suka naik pegunungan akhirnya di putuskan hanya bisa 2 target yaitu Preikestolen dan Kjeragbolten dan ke Lofoten Islands pilihan istri sbg ganti Trolltunga. Skip yang Trolltunga karena paling panjang trekkingnya yang bisa membuat gempor kalau 3 tempat itu berurutan, lagipula waktu kita gak cukup kalau ingin 3 tempat itu di tambah Lofoten Islands yang hanya bisa cuti 10 hari 😭.

Akhirnya beli tiket Thai Airways dari Jakarta-Oslo, lanjut dengan naik Widore dari Oslo ke Leknes, Lofoten. Bodo-Oslo-Stavanger dengan SAS, Stavanger-Oslo dengan SAS, dan Oslo-Jakarta Thai Airways.

Saya pertama naik Thai Airways dengan di pesankan makanan halal saat booking oleh mantan pacar (nah lho…emang saya ini terima beres..hehhe, tapi kompensasinya kebagian angkat-angkat koper atau ransel.💪😄 dan sbg driver), saat berangkat makanannya terasa enak ya untuk di atas pesawat tapi terasa gak enak saat pulang, mungkin sudah bosen dengan menu ala Timur Tengah mulu. Naik Thai Airways ini tidak enaknya dari Bangkok ke Oslo yang lama, hampir 10 jam di pesawat, biasanya kalau ke Eropa naik pesawat transit Dubai atau Abu Dhabi yang kalau dari Jakarta hampir di bagi rata 6 jam-an.

Explore Lofoten pagi-pagi sambil lihat sunrise dgn mobil yg kita sewa mulai dari tempat kami menginap di Riene lanjut ke ujung Lofoten Fishing Village yang terpendek namanya A lanjut ke Hamnoy, Ramberg. Maunya lanjut menelusuri jalur E10 tp sudah keburu lapar dan mulai gerimis lagi, akhirnya balik lagi ke arah Hamnoy nyoba restaurant seafood Anita’s Restaurant, Salmon Burgers nya enak sekali dan empuk, sangat recommended kalau ke lofoten.

Setelah explore Lofoten Island keesokan harinya dr Moskenes naik Ferry menuju Bodo lanjut ke Stavanger untuk melakukan pendakian ke Preikestolen aka Pulpit Rock, yg naik turun sekitar 4-6 jam, pendakian ke Preikestolen ramai sekali di summer ini, mungkin efek Film MI6.

Setelah dari Preikestolen keesokan harinya lanjut ke target utama Kjeragbolten, iya kjeragbolten…😢, dari Stavanger menuju Lysebotn, base camp sebelum nanjak ke Kjeragbolten. Lysebotn ini desa kecil yg sudah di tinggal penduduknya dan hanya di tinggali selama summer aja untuk pendakian atau olah raga Base Jumping. Penginapannya sepi, di kamar ada Foto kuno penduduk awal desa itu, mirip film-film horor Hollywood. Kalau gak hujan desa ini cantik sekali Sunsetnya, bisa menikmati sunsetnya dengan romantis…hehhehe.

Malamnya hampir gak bisa tidur, karena harus naik sendiri, istri pengin nungguin di restaurant di area parkir saja 😭.
Keesokan paginya gerimis, dan gak ada yg nanjak lagi dr basecamp, dr Basecamp ke area parkir Oygardsstol dgn bis yang hanya kita tumpangi berdua. Sampai parkir di Oygardsstol hujan tambah deras lagi, dalam hati gak jadi nanjak aja, sudah gak ada teman, hujan, takut nyasar di jalurnya lagi. Tapi tukang parkirnya malah maksa suruh naik aja karena kalau siang menuju sore hujan tambah lebat sambil bilang kl tadi sudah ada beberapa orang yang sudah naik. Akhirnya Bismillah saja, dah jauh-jauh masak gagal..💪😭.

Memang jalur pendakian di Kjeragbolten ini gak terlalu susah di banding naik gunung di Indonesia, cuman ini hujan dan licin trek nya, sepatu hiking sangat recommended. Di sepanjang jalur naik pelan-pelan sambil nengok ke bawah sapa tahu ada yg nyusul naik.*Ngarep* 😄, setelah mendekati puncak pertama alhamdulillah kelihatan dr bawah ada keluarga bule berempat sama anaknya, mereka akhirnya bisa melewati saya karena langkah dan nafas mereka lebih kuat…😄, setelah berjuang di tiga tanjakan, 2 lembah dan dataran panjang terakhir, akhirnya sampai jg di Batu Kjeragboletn, demi foto di atas batu.😢, hampir 20 menit di sana ambil foto, minta fotoin ama pendaki lain. Habis itu masih mikir perjuangan turun dgn hujan deras dan angin kencang sekali. Total naik turun hampir 6 jam.

Keesokan harinya lanjut Stavanger-Oslo utk bermalam di Oslo sambil bertemu teman lama yang kerja di Oslo.

Alhmdulillah Oslo-Jakarta akhirnya, semua planning tercapai, mungkin pendakian di Norway ini sekali seumur hidup, living cost di Norway mahal bo’..🙈. ( BI/AP)

 

Sunset di Lysebotn

Sunset di Lysebotn

Lysebotn hill

Lysebotn hill

Lysebotn

Lysebotn

prenkestolen hill Norway

prenkestolen hill Norway

Kjerag

Kjerag

Shelter puncak kedua Kjerag

Shelter puncak kedua Kjerag

Preikestolen from top

Preikestolen from top

Fishing Village Norway

Fishing Village Norway

Preikestolen dari atas

Preikestolen dari atas

Preikestolen

Preikestolen

Bonus datar jalur Preikestolen

Bonus datar jalur Preikestolen

Tekking ke Preikestolen

Tekking ke Preikestolen

Harus nyoba ikan ini kl ke Lofoten

Harus nyoba ikan ini kl ke Lofoten

Anita’s Restaurant Seafood

Anita’s Restaurant Seafood

Pictures gallery of Tips Traveling Murah ke Norwegia dan keseruan perjalanannya

  • Anita’s Restaurant Seafood
  • Harus nyoba ikan ini kl ke Lofoten
  • Tekking ke Preikestolen
  • Bonus datar jalur Preikestolen
  • Preikestolen
  • Fishing Village Norway
  • Preikestolen dari atas
  • Preikestolen from top
  • Shelter puncak kedua Kjerag
  • Kjerag
  • prenkestolen hill Norway
  • Lysebotn
Advertisement
advertisement
Tips Traveling Murah ke Norwegia dan keseruan perjalanannya | Backpacker | 4.5