Serunya Perjalanan Backpacker Dari Irkutsk,Rusia Ke Ulan Bator, Mongolia

Thursday, February 14th, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Salam semua teman backpackers! kali ini saya mau sharing perjalanan darat saya dari Irkutsk, Rusia ke ke Ulan Bator, Mongolia (A country of Genghis Khan).

Mungkin masih sedikit orang yang tahu tentang negara yang paling jarang penduduknya ini. Mongolia juga dikenal sebagai “Landlocked country” karena terapit oleh Rusia dan China. Kenapa Mongolia? selain legendaris dan sejarahnya yang luar biasa saat Genghis Khan berkuasa di dunia pada abad 13, negara ini juga memiliki pemandangan alam yang super cakep banget dan menurut saya aman dan nyaman. Mongolia is a country that definitely you must visit at least once in your lifetime.

Musim Panas di Mongolia juga dimeriahkan dengan festival Naadam pada bulan juli yang berarti “tiga permainan laki-laki”. Olahraga seperti gulat, memanah, dan balap kuda dan juga unta merupakan olahraga tradisional yang diperingati oleh bangsa Mongolia. Wajib banget untuk diliat karena hampir seluruh masyarakat Mongolia menggunakan pakaian tradisional dan juga bisa mencoba makanan tradisional dengan free.

Saya sarankan, untuk datang ke Mongolia saat musim panas karena banyaknya acara ataupun festival karena pada saat musim dingin Ulan Bator merupakan Ibukota terdingin di dunia dengan suhu bisa menyentuh -40°C.

How to get there.

– Perjalanan saya melaui jalur darat dari kota Irkutsk,Rusia naik kereta lokal menuju kota Ulan-ude sekitar 7jam perjalanan dan dilanjutkan naik bus di terminal menuju Ulan-bator (sekitar 12jam). Total perjalanan hanya 19jam dari Rusia menuju Mongolia. Proses imigrasi termasuk mudah dan cepat.
– Opsi lain bisa naik kereta trans mongolian dengan tujuan Moscow – Ulan-bator atau Moscow – Beijing yang sangat terkenal dengan jalur terpanjang di dunianya itu.
– Atau dari Beijing bisa naik bus/kereta menuju kota Erlian dilanjutkan ke kota Zamyn-uud (border mongolia) dan dilanjutkan naik kereta/bus menuju Ulan Bator.

Tips: Naik bus selalu lebih murah dibanding kereta dan juga sangat lebih efisien, bus terkadang lebih cepat dibandingkan kereta karena lebih lama. Untuk kereta bisa dipesan melalui website resmi di rzd.ru (select to english) dan untuk bus bisa langsung datang ke terminal.

VISA
– Salah satu persyaratan utama apply visa Mongolia adalah memiliki Invitation Letter dari travel agent. Setelah saya melakukan riset dan survey sana-sini dapatlah yang termurah dari Zaya Hostel sekitar 15$ dan proses hanya 1hari kerja langsung jadi dan sangat recommended sekali! 
– Visa Mongolia juga bisa langsung apply dari kota Irkutsk, Rusia dan hanya memakan waktu 30menit dengan biaya $70 langsung jadi!

Step yang saya lakukan:
1. Pengisian form aplikasi yang didapat di consulat mongolia untuk apply visa + foto 
2. Print bukti penginapan (boleh dari mana saja)
3. Tiket perjalanan
4. Invitation letter
5. Bayar dengan usd 70

Accomodation

– Selama disana saya menginap di hostel Apartment 99 dengan rate $5/night (mix dorm). Atau bisa sewa tenda (ger) yang bisa dibongkar pasang agar bisa merasakan nomadic (ciri khas bangsa mongol yang berpindah-pindah) dan merasakan seperti orang lokal. Untuk ger sendiri bisa didirikan dimana saja asal di luar kota yang tanahnya milik umum.

Transportasi: 
– Selama di Mongolia saya menggunakan public transport (Bus lokal) untuk berpergian sekitar Ulan bator, bus nya termasuk nyaman dan modern.
– untuk keluar kota, saya mengambil tour dan menyewa mobil serta driver ke Terelj National Park dengan jarak 80KM dari kota dengan rate $70$/hari.

Tips: Saya sarankan apabila datang dengan group lebih baiknya untuk menyewa mobil karena hampir seluruh destinasi yang ada di Mongolia tidak bisa ditempuh dengan public transport.

All cost.

Transport Irkutsk – Ulan Bator PP ($90)
VISA $70
Transport, Tour + Rent Car $40/ person
Accomodation 4 x $5 = $20
Meals, souvenir, tips =$60
Total All include = $280 untuk 4hari.

Details on pic! salam backpackers!

Pictures gallery of Serunya Perjalanan Backpacker Dari Irkutsk,Rusia Ke Ulan Bator, Mongolia

  • n6
Advertisement
advertisement
Serunya Perjalanan Backpacker Dari Irkutsk,Rusia Ke Ulan Bator, Mongolia | Backpacker | 4.5