Serunya Blusukan di Central Park.

Monday, March 25th, 2019 - Eropa
Advertisement
advertisement

Dari dulu aku cuma bisa mimpi bakalan datang langsung ke Central Park. Maklum cuma bisa liat di film aja. Tapi ternyata mimpi bisa jadi nyata juga. Central Park jadi salah satu tujuan utama aku backpacking solo ke New York.

Central park salah satu taman tertua yang pernah aku datangi yang letaknya bukan di Eropa (mulai dibuka tahun 1857).

Panjang taman 4km dan lebarnya 0.8km. Luas total Central Park 341 hektar. Kebayang ngga sih mutarin taman ratusan hektar? Central Park banyak di jadikan lokasi shooting film. Mulai dari Enchanted, Avengers, Maid in Manhattan, Autumn in New York, Uptown Girls, Stewart Little II dan masih banyak lagi.

Note film yang aku sebutin rata2 film romantis? yupp ini taman bisa bikin baper jiwa traveller solo sama kayak menara Eiffel. Di musim semi dan panas taman ini banyak di jadikan tempat pernikahan atau spot buat propose marriage (ehem–kode). Ada banyak spot cantik romantis dengan bunga2 dan angsa liar.

Banyak lokasi must visit buat Central Park sebenarnya kalau mau blusukan dan ada waktu lebih. Untuk yang ngga hobi traveling buru-buru, Central Park bisa ngabisin waktu lebih dari setengah hari loh.

Oh ya, aku jalan kaki sendirian modal GPS google map yang sudah aku tandain sebelum jalan dengnan flag “want to go”. Dan aku ngga bisa full day sebab hari itu harus check out dari hostel aku (pindah hotel). Jadilah target cuma sampai jam 1 siang. New York so far aman buat solo female traveller menurut aku, jadi jangan takut.

Aku pakai metro dari Grand Central, turun di 5th avenue station tepat ada di ujung pojokan taman. Berhubung aku sudah capek banget jadi ngga sampai ke ujung utara taman, tadinya aku mau pulang pakai metro di Central Park North tapi akhirnya setelah Strawberry Field sayyaaa nyeraah… Jadi pulang ke arah Grand Central lewat 96st metro station.

Beberapa spot Central Park yang aku tandain:

1. Bethesda Terrace
2. Bethesda stairs
3. Angel Fountain at Bethesda Terrace
4. Bow Bridge
5. Strawberry Fields (tribute for John Lennon)
6. Conservatory Garden
7. Alice in wonderland statue
8. Literary walk & the mall
9. Shakespeare Garden
10. The great lawn
11. Dakota apartment building (apartment John Lennon & Yoko Ono)

Info aja, Kalau datang ke central park bulan April-Mei juga bisa liat Cherry Blossoms ala jepang. Jenis pohon cherry yang ada di Central Park adalah Kwanzan Cherry sama Yoshino Cherry. Sejarahnya pohon cherry ini adalah hadiah dari Jepang yang di tanam sekittar tahun 1912. Lokasinya banyak loh.

Satu patung yang aku sedih ngga bisa foto gara2 ngga sempat adalah patung anjing bernama “Balto”. Balto adalah anjing yang di anggap pahlawan, dia memimpin grup beberapa anjing penarik dogsledge yang dengan sukses mengantarkan obat dipteri yang sangat dibutuhkan satu kota di Alaska tahun 1925. Ceritanya anjing2 itu harus berjuang melewati badai salju yang sangat parah (hikss masih sedih kalo ingat film nya).

Tambahan, ngga jauh dari central park ada kantor Konjen RI. Berhubung pagi dan masih sepi jadi aku ngga masuk hahah cuma foto luarnya aja.

Kayaknya perlu ke sini kali ke dua biar komplit! tips jangan lupa pakai sepatu yang sesuai sebab ngga berasa jalan sampai 3-5 jam mutar-mutar nonstop. Pergi pagi sebelum jam 9 jadi ngga terlalu rame dan sinar matahari bagus.

Oh yaaku cuma pakai kamera HP, kalau yang hobi foto2 this is your play ground!

Pictures gallery of Serunya Blusukan di Central Park.

  • q1
Advertisement
advertisement
Serunya Blusukan di Central Park. | Backpacker | 4.5