Sedlec Ossuary Gereja Tulang Terbesar Di Dunia

Friday, March 1st, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Pertama kali saya berkunjung ke Ceko, ini tempat yang sebenernya pertama kali saya pengen kunjungi setelah saya bosen ngeliat kota tua. Kutna Hora berjarak sekitar 70-80 km dari Prague dan bagus untuk day trip ketika kita sudah jenuh ngeliat arsitektur kota tua ala kota-kota di Eropa.

Yang jadi main attractionnya adalah Gereja. Ada 3 Gereja disini yaitu Sedlec Ossuary (Kostnice), Cathedral Assumption of Our Lady and St. John The Baptist, dan yang terakhir yang masuk kategori UNESCO, Saint Barbara. Tapi saya bakalan bahas yang Sedlec Ossuarynya aja karena menurut saya gereja ini unik, karena berisikan tulang belulang manusia asli.

Sedlec Ossuary/Kostnice ini adanya di distrik Sedlec, Kutna Hora. Untuk sampai disini, jalan 10 menit dari stasiun utama Kutna Hora (Kutna Hora Hlavni Nadrazi). Dari stasiun belok kanan, mentok, belok kiri. Setelah ngeliat Cathedral of Our Lady disebelah kiri, langsung ambil jalan ke Kanan. Ada plang Kostnice/Ossuary untuk mengarahkan. Atau bisa juga naik bus wisata kalo yang males untuk jalan, letaknya percis didepan Kutna Hora central station.

Ossuary ini merupakan Ossuary terbesar di dunia (yang kedua ada di Brno kalo ga salah) yang menampung sekitar 40.000-70.000 tulang belulang manusia. Dari luar, udah keliatan ‘gemes’ dan menariknya gereja ini, dari sekitar ossuary yang penuh sama batu nisan, sampai bangunan gereja yang medieval era banget walaupun kecil, tapi enak untuk diliat walaupun masih tahap renovasi sampai akhir tahun/awal tahun. Altarnya ada dua, ada yang dibawah dan yang diatas. Yang dibawah dimana tempat tulang belulang ini berada disusun menjadi Chandelier, Pyramid, Coat Arms dll. Yang diatas, pengunjung bisa melihat video dokumentasi bagaimana gereja ini direnovasi.

Harga tiket masuk ada 3. Untuk Ossuary ini saja harganya 90 crown. Untuk masuk bersama Cathedral Our Lady Assumption sekitar 150 crown (kalo ga salah), dan yang terakhir untuk bisa masuk ketiga gereja yang saya sebutkan diatas, 220 crown.

How to get here:
Saya pakai Ceske Drahy dr Prague Hl.n turun di Kutna Hora Hl.N. Harganya sebenernya one way 110 crown, tapi kalo beli return ticket harganya lebih murah. Kalo ada lebih dari 2 orang, coba beli group ticket. Atau bisa beli region ticket. Kutna Hora masuk ke dalam region Central Bohemia, bareng dengan Prague. Jadwal kereta ini ada setiap jam. Untuk yang direct ke Kutna Hora, biasanya 2 jam sekali. Tapi ada kereta yang transit 1x. Transitnya pun ga lama kok cm 10 menit. Perjalanan direct memakan 50 menitan. Perjalanan non direct sekitar 1 jam lebih 1-2 menit.

Perjalanan ke Kutna Hora ini cocok buat day trip seharian penuh dari Prague karena waktu tempuhnya pun ga begitu lama. Yang penasaran sama videonya ada di Instagram saya ya @mizanaway nanti bisa cek di IGTVnya. Hehehe.



Ada yang berminat kesini?

Pictures gallery of Sedlec Ossuary Gereja Tulang Terbesar Di Dunia

  • a3
Advertisement
advertisement
Sedlec Ossuary Gereja Tulang Terbesar Di Dunia | Backpacker | 4.5