Perjalanan Menggunakan Alternatif Menghubungkan Hong Kong Dan Macau

Thursday, February 14th, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Sekedar sharing perjalanan beberapa waktu lalu. Sekarang ada lagi transportasi alternatif menghubungkan Hong Kong dan Macau. Selain bisa menggunakan ferry turbo jet sambil terombang-ambing kenangan mantan, atau kalau kamu Crazy Rich Asian bisa naik helikopter aja, opsi teranyar adalah dengan dengan naik bus melintasi jembatan pembelah lautan terpanjang di dunia yang mulai beroperasi dari akhir Oktober kemarin.

Jembatan yang dibangun dengan menghabiskan biaya sebesar 10 milyar dollar ini diberi nama HZMB (Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge) yang saling menghubungkan 2 pulau buatan di 3 kota tersebut. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa dipilih untuk melintasi HZMB :

1. Bus lintas border yang akan mengangkut dan menurunkan penumpang langsung pada beberapa titik lokasi. Tarifnya bervariasi sekitar HKD 120 – 190 tergantung operator bus dan lokasi pickup serta drop off penumpangnya.

2. Mobil sewaan dari berbagai rental yang ada. Biaya pasti lebih mahal dari opsi pertama.

3. Shuttle Bus HZMB yang beroperasi 24 jam setiap 30 menit, jadi jangan khawatir kehabisan. Pilihan yang agak bikin sedikit repot sebenarnya karena kita mesti memikirkan mode transportasi menuju Port keberangkatan. Tapi yang jelas opsi paling ramah karena hanya merogoh kocek kita sebesar HKD 65 untuk satu kali jalan.

Tanpa pikir panjang saya putuskan untuk memilih opsi ke-3. Karena apa? Mureeeee πŸ˜πŸ™ˆ

Bagaimana cara menuju HZMB Port dari Hong Kong? Ada beberapa pilihan. Yang berada di area Kowloon/Tsim Sha Tsui/Mongkok bisa dengan naik Bus A21 dari Hung Hom Station dengan tiket seharga HKD 33. Atau kalau mau lebih murah lagi seperti saya bisa naik Bus nomor B5 dari stasiun MTR Sunny Bay atau Bus nomor B6 dari Tung Chung dengan tiket seharga HKD 7 saja.

Tiba di Port Hong Kong masuk ke gedungnya yang megah nan elegan layaknya bandara internasional dengan petunjuk arah yang jelas. Mana arah menuju Macao, mana yang Zhuhai. Jadi jangan takut nyasar. Setelah melewati pintu masuk keberangkatan selanjutnya kita akan menuju pemeriksaan keamanan dan cek imigrasi. Kartu kedatangan Hong Kong kita diambil. Dan selanjutnya kita akan membeli tiket busnya, bisa lewat mesin atau kounter tiket. Pembelian lewat mesin cukup mudah dengan terdapatnya pilihan bahasa inggris. Pembayaran bisa dilakukan dengan mengetap kartu Octopus dan saldonya akan otomatis berkurang senilai HKD 65. Untuk anak-anak dan lansia sedang ada promo cukup bayar setengah harganya saja menjadi HKD 33 Setelah tiket ditangan ikuti saja petunjuk arah dimana mesti menunggu busnya.

Perjalanan dari Hong Kong menuju Macau via HZMB berdurasi sekitar 30-40 menit tergantung kepadatan arus kendaraan di jalan. Tiba di Macau Port kita turun dari bus dan kembali masuk ke gedung untuk melewati proses imigrasi dan custom. Untuk pemegang paspor Indonesia tidak memerlukan visa untuk masuk Macao. Dan seperti ketika memasuki Hong Kong, jangan mengharapkan ada bunyi “jegrek” stempel pada paspor kita karena kita hanya akan mendapatkan sehelai lembar kertas mini sebagai bukti tanda masuk ke Macao. Berasa ada yang kurang rasanya emang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Selanjutnya kita keluar gedung dan terdapat beberapa transportasi menuju kota Macao. Pilihan termurah bisa dengan naik Bus nomor 101X dengan tarif sekitar MOP 6 (bayar dengan uang pas karena tidak ada kembalian). Dengan naik bus ini kita bisa pilih turun di titik pemberhentian yang sudah cukup dekat dengan ikon landscape kota Macao seperti Ruins of St. Paul’s dan Senado Square.

Untuk arah balik kembali ke Hong Kong bisa dengan menggunakan pilihan mode transportasi yang sama. Naik bus 101X menuju Macao Port. Hanya saja pembelian tidak bisa menggunakan Octopus. Tapi tenang saja di Kounter tiket pembeliannya cukup mudah dan mereka juga menerima pembayaran menggunakan mata uang HKD dan MOP. Alurnya juga sama persis pemberhentian busnya di Hong Kong Port. Selanjutnya terserah tujuan selanjutnya bisa naik B5/B6 menuju stasiun MTR atau Bus A21 ke kawasan Tsim Sha Shui/Kowloon/Mongkok.

Semoga bermanfaat ya!

#BIHongkong #BIMakau #BIMacao #BIHZMB

Pictures gallery of Perjalanan Menggunakan Alternatif Menghubungkan Hong Kong Dan Macau

  • b
Advertisement
advertisement
Perjalanan Menggunakan Alternatif Menghubungkan Hong Kong Dan Macau | Backpacker | 4.5