Pengalaman membuat visa Schengen sendiri melalui France

Saturday, November 24th, 2018 - Eropa
Advertisement
advertisement

Halo sahabat Backpacker, dalam artikel kali ini akan kami share tentang pengalaman mengurus VISA SCHENGEN sendiri tanpa melalui travel agent dengan mudah dan cepat.

Sebagai informasi, visa Schengen adalah visa khusus yang bisa dimiliki traveler untuk mengujungi berbagai negara di Eropa tanpa harus rumit bolak balik mengurus ke imigrasi bila akan memasuki negara yang terdiri dari Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Yuk simak kisah backpacker kita selengkapnya dibawah ini.

Saya mau sharing sedikit pengalaman pertama saya dalam membuat visa Schengen melalui Perancis,
Setelah bertanya dan membaca ternyata pembuatan visa sendiri tanpa calo mudah-mudah saja dan tidak ribet seperti yang dibayangankan.
Pertama2 siapkan appointment diwebsite TLS.
Kemudian siapkan dokumen yang dibutuhkan (saya bener2 ikut yang disarankan diwebsitenya) antara lain sebagai berikut :

  1. Print Appointment / Janji Temu dengan TLS (Bagian depan yang terdapat barcode)
  2. Pas Foto terbaru ( 3 bulan terakhir ) 3,5 x 4,5 background putih 2 lembar
  3. Fotocopy KTP, Passport & KK ( Passport hanya bagian depan dan belakang karena kemarin saya sudah fotocopy bagian dalam yang terdapat stempel malah dibalikin dan katanya tidak perlu, kemudian saya tidak melampirkan Akta Lahir karena diwebsite jelas tertera hanya untuk anak usia <18 tahun ) semua bahasa Indonesia tanpa translate.
  4. Bookingan ticket pesawat (Kebetulan kemarin dapat promo, jadi tidak pakai dummy CGK-CDG & CDG-CGK)
  5. Bookingan Hotel, saya pakai dummy yang pay at hotel dan free cancellation (bisa book di booking.com, karena saya pakai dummy itinerary saya hanya mencamtukan 2 hotel di 2 kota yaitu Paris dan Amsterdam.
  6. Insurance saya pakai dari AXA Smart Traveller single trip yang platinum sekitar 600rb untuk worldwide
  7. Passport Valid (Passport lama sempet ditanya pertama kali, namun karena passport lama saya hilang tidak tau kemana saya bilang saja tidak ada dan sudah hilang)
  8. Surat keterangan kerja asli & keterangan cuti beserta slip gaji 3bulan terakhir ( kebetulan saya minta langsung yang bahasa inggris )
  9. Surat referensi bank asli dan rekening koran 3 bulan terakhir (kemarin minta referensi dari bank BCA kena biaya 50rb dan rekening koran per lembar 2500, jangan lupa stempel ya untuk surat referensinya, kalau kemarin rekening koran saya tidak minta stempel tidak masalah) Untuk saldo kemarin hanya sekitar 15-17jt saja.
  10. Itinerary selama 10 hari dari tanggal 21 Jan – 31 Jan 2019 ( ini yang sebenarnya bikin dilema keringat dingin, saya sudah buat itinerary namun pada saat di TLS semua dokumen saya dicek dan ada beberapa yg dikembalikan seperti fotocopy bagian dalam passport yg dibilang tidak perlu, namun ternyata itinerary saya terselip dan balik ke saya, dan saya tidak mengeceknya kembali sampai saya dirumah baru saya check ternyata itinerary yang saya kasih ke TLS balik lagi ke tangan saya tanpa saya sadari dan pihak TLS sendiri sadari dan saat itu sempat merasa down dan merasa hopeless karena itinerary juga termasuk syarat yang tertulis diwebsitenya.

Sebenarnya bila dokumen komplit yang namanya galau atau ketakutan visa ditolak pasti ada sehingga membuat hidup kita seminggu kedepan ga karuan ditambah drama itinerary membuat saya selama satu minggu makin makin ga karuan 😐 , saya ada berfikir untuk menghubungi TLS atau datang lagi tapi dikarenakan saya ada pekerjaan saya hanya bisa pasrah dan terima.
Tapi usaha tidak mengkhianati hasil ternyata visa saya granted walaupun hanya dapat multiple 3 bulan tapi syukur Alhamdulillah.
Saya appointment 14 November 2018 kemarin, hari ini 22 November 2018 passport baru sampai ditangan saya (Passport saya selesai ditanggal 20 so sekitar satu minggu proses visa selesai namun karena saya menggunakan kurir pengiriman jadi tambah masa 2 hari dengan proses pengirimanya ).

(Note : Mohon untuk tidak dijadikan patokan untuk tidak membuat atau menyertakan itinerary seperti saya, karena sebenarnya saya sudah siap sedia itinerary namun terjadi kelalaian dari pihak TLS dan saya sendiri sehingga itinerary saya tidak terlampirkan, dan mohon sebelum meninggalkan meja pada saat appointment berlangsung pastikan semua dokumen terlampirkan tanpa terselip) ( KAA)

Cara membuat visa Schengen sendiri

Visa Schengen melalui Prancis

Pictures gallery of Pengalaman membuat visa Schengen sendiri melalui France

  • Cara membuat visa Schengen sendiri
Advertisement
advertisement
Pengalaman membuat visa Schengen sendiri melalui France | Backpacker | 4.5