Pengalaman claim asuransi di luar negeri

Tuesday, January 8th, 2019 - Hongkong
Advertisement
advertisement

Hai gaes, masih inget gue? Remaja yg mulai beranjak gede. Yg saat itu masih 17 tahun, sekarang udah 17tahun setelah masehi.

Oke, jd ceritanya natal kemaren saya pergi ke hongkong (HK). Dengan start point surabaya transit brunei lanjut ke HK. Saya naik royal brunei, beli tiket via nusatrip dan include asuransi axa. Sampai sini cukup jelas ya?

Namanya nasib ya, kadang baik kadang baik banget. Kadang jelek kadang jelek banget. Nah kebetulan saya dapet yg jelek nih. Dari surabaya pesawat ontime ke brunei. Pas sampe brunei mau ke HK pesawat saya delay dong. Ga tanggung2 sih, dr yg seharusnya brgkat jam 11 siang jadi jam 7 malam. Okey, ada waktu meet and greet ama sultan brunei! Huft!

Saat tanya ke ground staff, katanya pesawat dari Dubai ada kerusakan. Oke lah, saya bisa memahami. Karena saya memang tipe cowok yg pandai memahami. Akhirnya kami dipersilahkan untuk istirahat bobo2 cantik di hotel. Pikir saya ya udah lah ya, daripada berenang sampai HK kan capek. Ye kan? Lagian ini ada asuransi, bisa saya CLAIM! Itu pikiran saya.

Berdasarkan info temen saya yg baik hati, dia bilang “nanti kamu minta surat keteranhan dr maskapai, buat claim asuransi”. Dan saya sudah mintakan, dan sudah diberi oleh pihak maskapai. Aman, pikir saya.

Saat liburan sudah berakhir dan saya kembali ke Indonesia tercintah, saya mulai ngurus claim asuransi. Syarat2 sudah saya lengkapi berupa:
1. Form pengajuan claim
2. Keterangan delay dr maskapai
3. Boarding pass penumpang
4. Polis asuransi
5. Data diri berupa passpor.
Tak lupa kronologi delay saya tuliskan disana.

Tapi, betapa kagetnya saya saat dapat email balasan bahwa asuransi saya ga bisa di claim. Karena di keterangan maskapai tidak tertulis alasan delay yg bisa dicover asuransi axa. Antara lain :
1. Aksi pemogokan
2. Cuaca buruk
3. Kerusakan mekanis
4. Penutupan bandara yg disebabkan oleh hal2 diluar kendali penumpang.

Nah di surat keterangan maskapai yg saya dapat hanya tertulis “karena menunggu penerbangan dari Dubai, maka pesawat delay”. Sedangkan saat di bandara Bandar Seri Begawan, ground staff bilang ada kerusakan pesawat. Aku kan jd bingung.

Lagian misal pesawat dr brunei delayed sampai selama itu pasti kan ada masalah ya. Masak iya suka2 mereka mau brgkat kapan aja. Kan ga mungkin.

Nah yg mau saya tanyakan. Apa yg harus saya lakukan saat ini?
A. Pasrah dan Ikhlas juga terus berdoa, anggap ini semua adalah cobaan. Dan Yakin bahwa saya bisa melaluinya.
B. Tetap berjuang agar bisa di claim
C. Minta keterangan dr royal brunei lebih detail perihal keterlambatan dari brunei.
D. Kita besok beli pesawat sendiri.

Btw, lumayan sih claim up to 269usd. Buat beli cilok lumayan kan ya.

Btw, ini curhat pertama, sekiranya ada respon positif, besok saya mau curhat perkara lainnya.

Pictures gallery of Pengalaman claim asuransi di luar negeri

  • royal brunei
Advertisement
advertisement
Pengalaman claim asuransi di luar negeri | Backpacker | 4.5