Pengalaman Backpacker Dijamin Tak Merugi Di Malmesbury Town/Cotwolds

Tuesday, January 8th, 2019 - Eropa
Advertisement
advertisement

Halo teman-temen BI, gimana liburan akhir tahun? Saya ingin share tentang sebuah area di UK, mungkin ada yang sudah kesana, mungkin juga belum. Kalau teman-teman saya masih sedikit yang tau tentang Cotswolds. Kenapa sih bisa ke area ini? Jadi suatu hari liat di sebuah acara natgeo tentang ‘The Most Beautiful Village in England’ tersebutlah Bibury, dan saya kemudian melakukan riset, ternyata itu ada di area bernama Cotswolds. Daerah yang memiliki beberapa desa kecil yang masih bertahan dari jaman mediveal era (favorit saya banget nih film2 mediveal macam Hobbits & LOTR) dan lucunya desa2 disini mengingatkan saya sama film2 Hobbit & Hogsmeade-nya Harry Potter.

Kadangkala pergi ke suatu tempat itu seperti mengumpulkan kepingan memori yang hilang. Mungkin di kehidupan sebelumnya pernah kesana dan sebagian dari diri kita tertinggal di sana. Pernah?

Kami kesana akhir oktober kemarin. Transportasi umum lumayan ribet kalau mau ke beberapa tempat, oleh karena itu paling memungkinkan sewa mobil jadi bisa kemana2 lebih mudah. Kami sewa di Enterprise karena saran teman lebih banyak cabangnya dan murah. Harga sewa mobil ini ternyata macam saham aja, hari ini beda besok beda. Tp beruntung bgt kami, tadinya hitung2 sewa 3 hari utk vauxhall corsa itu £197,6 tapi saya hari itu nggak jadi booking karena lupa. Keesokan harinya, harga jadi £131,4 !!! (Ini sbrnya harga sewa aslinya hanya 30-an pound, tp 100 pound itu saya ambil allrisk untuk asuransinya (jadi lbh aman juga).

Kami ambil mobil langsung ketika mendarat masih jetlag di Heathrow, disana disediakan shuttle ke tempat parkir enterprise dari terminal 2. Oia satu hal yang saya pelajari: BAWALAH KARTU KREDIT YANG SUDAH DIDAFTARKAN UTK TRANSAKSI TANPA KIRIM KODE OTP 😂
Karena ketika mau digesek lagi utk jaminan, CC saya gagal krn harus terima OTP dan saya nggak mendaftarkan nomor kartu sim indo utk bisa dipakai di UK. UNTUNGNYA kartu debit sudah mastercard, jadi bisa dipakai. £200 jaminannya dan kembali mobil dengan selamat jadi full baliknya jg.

Beruntungnya lagi, karena yg sewa mobil sedikit jadi persediaan lagi banyak dan kami boleh pilih yg mana saja yg ada disitu, jadi kami pilih: ford fiesta baru! Hehehe. Pdhl kalau di web harganya bisa 250-an 3 hari.

Mengemudi di UK cukup mudah karena setirnya sama dgn Indonesia, dikanan juga. Cuman ingat2 banyak speed cam di sana, jadi baiknya buka Waze daripada google maps, karena waze memberikan peringatan kapan ada kamera dan berapa kecepatan batasnya. Standard 70-80km/jam kalau luar kota, kalau masuk kota langsung jadi 30-20 😅

Ini beneran soundtracknya Ed Sheeran – Castle on The Hill banget deehh “I’m on my way, driving at 90 down those country lanes” asik bgt nyetir di area pedesaan karena pemandangannya bagus bgt!! Hamparan rumput luas dengan domba dombanya, sungai mengalir deras dengan rumah sederhana di pinggirannya, serta menembus jalan diantara tanaman jagung & daun daun keemasan yang berjatuhan di sepanjang jalan.

Kami menginap 3 malam di Malmesbury. Kota apa ini? Entahlah, saya tipe yang suka lihat airbnb dan suka interiornya lalu pesan saja, hehehhe. And guess what?? Rumah kami ini merupakan bangunan yg berusia 600tahun, klasik & berada tepat di seberang gereja utama Malmesbury Abbey yang ada… KUBURAN KUNO! Mungkin buat kalian serem, tapi saya suka bgt wisata kuburan kuno di Eropa, karena arsitektur uniknya dan mereka bisa bercerita banyak. Kalau di Indo sih takuut akutuhh.

Kota ini kecil tapi indah bangettt, balkon kami langsung menghadap sunset dan matahari terbenam di antara bukit berumput hijau dengan aliran sungai dan banyaknya sapi disana. Pas hari ultah saya, saya dikasih Tuhan pagi-pagi hadiah sunrise dengan bulan purnama besaar bangett.

2 hari kami keliling Cotswolds: Bibury, Crudwell, Cirencester, Bourton On The Water, Chipping Campden, Snowshill. Dan 1 hari benar2 jalan kaki keliling Malmesbury.

Menyenangkan sekaliii!! Kami bertemu banyak pohon-pohon dan hewan yang berbahagia.

Apalagi berdua bareng suami yang memang hobi travelling, berdua bisa nyetir gantian dan mau heboh2 berpetualang liat peta dan tak memprediksikan mau kemana hari itu hahahaha, jadi kami tipe yang suka tunjuk peta kalau suka daerahnya berhenti kalau nggak ya jalan aja lagi, NYASAR?? sering Banget. Kadang nyanyi2 kesenengan atau terlalu heboh liat pemandangan, nyrusuk masuk peternakan orang atau kebun orang yang terpaksa harus mundur jauh, tapi darisitu kadang kami menemukan tempat yang asik bgt.

TIPS mengembalikan mobil: CEK SEMUA BARANG! Jangan sampai ada yang tertinggal, walaupun perusahaan sekelas Enterprise tetap mereka punya pekerja outsourcing dari luar UK (kemarin petugas bebersihnya dari Russia) dan hp suami saya sempet dipegang nggak dilaporkan. Ketika kami marah2, orang yg sama akhirnya mengeluarkan hp dari kantong dan mengembalikan dengan “ngomel2”. A k a tangkapan hari itu lepas. Hati hati yaaa. Petugas resmi dari Enterprise meminta maaf dan blg ini kadang terjadi.

Siapa disini yang pernah ke Area Cotswolds? Berminat jalan-jalan ke pedesaan di Cotswolds?

SEKEDAR SARAN: Jangan kebanyakan upload selfie maupun foto diri. Enjoy your moment enjoy your surroundings. Dikit2 aja foto dirinya 🤣

Pictures gallery of Pengalaman Backpacker Dijamin Tak Merugi Di Malmesbury Town/Cotwolds

  • ctwlds3
Advertisement
advertisement
Pengalaman Backpacker Dijamin Tak Merugi Di Malmesbury Town/Cotwolds | Backpacker | 4.5