Negara Baltik, ‘hidden gem’ Eropa Yang Punya Banyak Misteri

Friday, March 1st, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Well kebanyakan turis Indonesia kalau bicara Eropa pasti ke Eropa Barat, paling jauh ke Budapest atau Praha. Namun ada 3 negara yang sebetulnya punya banyak cerita namun belum sering terjamah oleh turis (apalagi oleh turis Indonesia). Itulah negara Baltik (Latvia, Lithuania, dan Estonia). Tanggal 27 April – 7 Mei kemarin saya dapat kesempatan travel kesana berkat tiket PP yang cukup murah dari Brussels dengan Ryanair (sekitar 50 EUR pp, sebetulnya ada yang lebih murah lagi sekitar 30 EUR tapi lebih singkat waktunya, ohiya saya sekarang ini tinggal di Belanda).

Banyak orang mengaitkan ketiga negara ini sebagai negara bekas Uni Soviet, padahal ada banyak sekali hal yang lebih baik yang dapat kita eksplorasi di ketiga negara ini dan mereka sangat ingin orang luar untuk menghilangkan stigma ‘bekas jajahan Soviet’ tersebut karena well mereka sudah merdeka 30 tahun lalu, dan ketiga negara ini merupakan anggota Uni Eropa dan masuk kedalam wilayah visa Schengen dan menggunakan Euro!

Saya mengunjungi Vilnius, Riga, Tallinn dan sempat berkunjung sebentar ke Helsinki dengan feri (yang lumayan murah juga, sekitar 20 EUR pp dari Tallinn). Ketiga kota tersebut terlihat sama seperti kota Eropa kebanyakan, namun ada satu yang sangat membedakan; MURAH! Dari penginapan, makan-minum, transportasi umum, dan tiket masuk jauh murah ketimbang Eropa Barat. Hostel terbaik per malam tidak ada yang lebih dari 15 EUR semalam, transportasi umum biasanya harga kisaran 3-5 EUR untuk day ticket, dan makanan semua sudah kenyang dengan merogoh kocek tidak sampai 5-7 EUR di restoran, hal yang tidak akan mungkin terjadi restoran di Eropa Barat. Transportasi antar kota disini juga menggunakan bus express yang murah (jaringan kereta disini cukup tidak baik). Tiket bus dari Riga menuju Tallinn atau Vilnius dengan waktu tempuh 4 jam bisa berkisar dari 5-15 EUR, dengan fasilitas seperti pesawat dengan minuman gratis serta pilihan hiburan yang lebih lengkap dari pesawat!

Tidak hanya kotanya, keindahan alamnya seperti pantai pesisir Baltik dan perbukitan di Taman Nasional Gauja di Latvia juga sangat saya rekomendasikan karena pemandangannya yang sangat indah. Dari Riga daerah seperti Lembah Gauja di Sigulda dan pantai Jūrmala dapat diakses dengan kereta dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan tiket yang gak lebih dari 2 EUR! Latvia sangat bangga dengan keindahan alam naturalnya (50-60% dari negara ini adalah hutan hijau), dan ini mencerminkan slogan pariwisatanya; yaitu Latvia, Best Enjoyed Slowly 😊

Tidak seperti tetangganya Finlandia yang terkenal apa-apa mahal, negara Baltik Lithuania, Latvia, dan Estonia adalah pilihan yang sangat menarik jika BIers mau mencoba menjelajahi bagian Eropa yang misterius dan anti-mainstream, namun sangat friendly di ongkos dan sangat menarik untuk dikupas!— di Riga.

Pictures gallery of Negara Baltik, ‘hidden gem’ Eropa Yang Punya Banyak Misteri

  • r9
Advertisement
advertisement
Negara Baltik, ‘hidden gem’ Eropa Yang Punya Banyak Misteri | Backpacker | 4.5