Liburan 15 Hari Ke Canada Membaw Anak Usia 1 Tahun

Monday, March 4th, 2019 - Kanada
Advertisement
advertisement

#BICANADA #BIKANADA #BIBANFF #BITORONTO #BIVANCOUVER#BIMONTREAL #BICANADABABY #BIKEKANADABAWABAYI#BILAKELOUISE #BIEMERLADLAKE

Hi.. Mau share liburan ke Canada 15 hari bawa baby 1 tahun, lanjutan dari Jepang 10 hari.

Untuk visa Canada bisa apply sendiri ke VFS Canada Kuningan.

Cara apply dan persyaratan : http://www.vfsglobal.ca/…/I…/Service_and_Service_Charge.html

Untuk pembayaran visa Canada harus bikin bank draft dulu di bank BCA or Bank Mandiri (harus di cabang besar atau Kantor utama). Proses 1 hari kerja.

Untuk persiapan baby bisa dilihat di itin Jepang aku https://m.facebook.com/groups/1468005403448997?view=permalink&id=1871072003142333

Okeh kita lanjuuuut..

Hari pertama. Tiba di Vancouver jam 1 siang, 7 jam penerbangan dari Jepang. Nginep di Westin Grand Vancouver.
Abis check in dan istirahat, dinner sekitar hotel. Cari resto Asian karena Max sukanya makan nasi πŸ˜‚ Di hotel kita begadang sampe jam 3 pagi, karena perbedaan waktu di Asia kan masih siang πŸ˜­

Hari kedua. Ke Vancouver aquarium, HTM 36cad. Biota lautnya lengkap bgt, ada pinguin juga. Diluar hujan deras, susah bgt cari taxi. Setelah reda kita jalan kaki, lewatin harbour and Stanley Park, sayang musim dingin jadi parknya masih gundul padahal Stanley Park ini taman paling bgs di Vancouver. Lanjut ke China Town untuk dinner dan jalan-jalan sekitar sana. Tapi kurang cocok klo bawa baby, banyak homeless dan agak kotor.

Hari ketiga. Ke Granville Public Market. Disini seru mulai dari pastry, buah, sayur dll nya menggoda iman. Tampilannya fresh and menarik bgt. Disini bisa liat burung banyak, anak-anak pasti suka. Lanjut ke Gas Town, katanya sih Big Ben nya Vancouver. Photo bentar trus lanjut ke Pacific Center Mall. Sayang 3 hari di Vancouver hujan trus tiap hari πŸ˜­

Hari ke 4. Lanjut perjalanan ke Calgary by plane. Sampe airport sewa mobil di Avis, corolla @70 usd + 15 for gps/day (sudah booking di Indonesia). Disambut hujan salju deres bgt. Setelah dinner, kita sampe hotel udah malam. Prepare buat dog sledding bsk pagi. Oh iya, kita nginap di Four Point by Sheraton Calgary. Sebrang hotel kita persis Nakiska ski resort, tempat diadakan Olympics taun 1988.

Hari ke 5. After breakfast ke Banff utk dogsledding join di Discover Banff Tour 360cad/2pax (sudah booking dari Indonesia). Dari Calgary ke Banff sekitar 1.5jam, sepanjang jalan disuguhi pemandangan luar biasa indah Rocky Mountain. Sampai Banff gak nemu Art Center Banff (meeting point). Akhirnya di tlp klo kita udah ditinggal karena telat 5 menit (cari Art Center Banff susah lho, lokasinya diatas bgt). Duh pengen nangis guling-guling, hangus deh 360cad πŸ˜­πŸ˜­ Terpaksa kita booking ulang untuk besoknya jam 3 sore. Kita cari alternatif utk helicopter tour juga gak bisa karena udah full πŸ˜‘πŸ˜‘ karena terlanjur bete akhirnya cuma keliling Banff, mampir Ke Fairmont Banff. Dari Banff kita ke Calgary kota untuk dinner.

Hari ke 6. Jam 10 pagi di tlp, dog sleddingnya cancel untuk hari ini karena cuaca buruk πŸ˜­ Balik ke Banff utk refund. Kita putusin utk dog sledding yg di Jasper aja. Pulang dari Banff kita dinner and mampir di Safe Way untuk beli buah and keperluan Max. Kota Calgary ini sepi bgt lho klo malam.

Hari ke 7 lanjut ke Emerald Lake, mampir ke hotel Fairmont Chateu Lake Louise dulu untuk lunch disana. Ternyata Lake Louise yang fenomenal itu jadi salju, malah dipake ski πŸ˜• hiks..
Dari pagi saljunya turun deras bgt. Lanjut perjalanan ke Emerald lake dikabarin dog sledding di Jasper batal lagi karena salju parah and jalan ke Jasper ditutup untuk 2 hari. OMG syediih bgt πŸ˜­πŸ˜­ Yasudahlah gpp next time aja, semoga masih diberi kesehatan dan rejeki buat balik Canada. Aamiin.. Tapi bojo pantang menyerah, doi tlp lagi ke Discover Banff Tour siapa tau bisa dpt seat. Yay akhirnya dapat untuk senin tgl 20 maret, jam 9 pagi. Tapi akhirnya terpaksa kita harus reschedule penerbangan ke Vancouver ganti ke jam 9 malam, berdua harus nambah 520cad. Hiks.. Itu pun masih gambling. Semoga cuaca bagus utk dog sledding.
Kita nginap di Emerald Lake Lodge. Nanti sampe parkiran ada shuttle khusus kesana. Emerald lake lodge ternyata bagus bgt viewnya, persis depan Emerald lake bgt. Sayang semua ketutup salju. Request quite room di kasih kamar ujung ya gusti, mana jalannya nanjak bawa koper segede gaban lagi. Ampe bule-bule pada ngeliatin, ini orang mau liburan apa mau minggat kali ya πŸ˜† oh iya disini harus booking utk dinner and breakfast karena tempat mereka terbatas, jadi harus gantian. Recommend bgt Emerald lodge ini apalagi buat yg hanimun. Disini aku nyobain steak elk, rasanya not bad lah mirip daging sapi tapi agak alot dikit πŸ˜†

Hari ke 8 dari Emerald Lake balik lg ke Calgary karena Jasper ditutup utk 2 hari, hangus hotel 2 malam disana gak bs refund πŸ˜­. Kita mampir dulu ke Lake Minewanka di Banff, sepanjang perjalanan view nya bgs bgt. Danaunya juga ketutup salju tapi tetep bagus. Di Calgary nginap di Sheraton Suite Calgary utk 2 malam. Jalan ke Prince Island.

Hari ke 9 ini nih yg ditunggu haha.. belanja ke Cross Iron Mills Calgary, shopping like crazy sampe kopernya beranak lagi satu -__- eitts.. tapi selimut Max udah diamankan biar gak jatoh lagi. Wkwkw
Pokoknya seharian disini sampe tutup trus dinner di China Town.

Hari ke 10. Pindah ke Sheraton airport, lusa penerbangan balik ke vancouver. Mungkin pada nanya, kok balik Vancouver lg? Yes, karena dulu itin kita sewa mobil dari Vancouver untuk keliling Canada. Rute Vancouver – Kamloops – Banff – Jasper – Sun Peak – Whistler – Vancouver. Untuk hotel semua sudah confirm, karena lain hal (bojo masih blum fit, masih recovery. Abis sakit) jadi kita putusin untuk naik pesawat aja. Dan skip ke Sun Peak and Whistler (hangus semua hotelnya).
Di hotel prepare untuk besok dog sledding di Canmore. Persiapan untuk baby bawa car seat, baju untuk snow, warmer gel, lotion, susu and snack. Untuk ortu gak ada persiapan yg khusus.

Hari ke 11. Pagi lgsg cek out ke Canmore. Eng ing eng.. Sport jantung di mulai, Gps di mobil gak ada alamat tempat dog sledding. Sedikit panik, akhirnya kita pake gps di hp deh. Yay ketemu Snowy Owl Dog Sledding! Lanjuuutt.. Eh dimobil mau minum vit malah minum cataflam, bentuknya sama πŸ˜‘
Eh tetiba bojo bilang klo bensinnya mau habis, pdhl dr semalam aku tanyain masih cukup utk pp Calgary – Canmore. Kok kesel ya πŸ€£πŸ€£
Udah paling panik lah, buka google cari gas station terdekat, untungnya cuma 2km aja. Alhamdulillaaah..
Akhirnya sampe juga di Snowy Owl. Disana dipinjemin jaket, celana and sepatu klo kita gak pake perlengkapan. Dari Snowy Owl diantar shuttle ke venue, perjalanan sekitar 30-45 menit. Jalannya naik turun and bergelombang, bawa baby wajib car seat! Disana di kasih pengarahan dulu, diajarin cara kemudi dog sled untuk yang mau. Ok ini dia yg ditunggu-tunggu and OMG OMG OMG pemandangannya indah bgt, super duper indah, ampe berkaca-kaca saking indahnya *edisi lebay. Sampe gak berasa klo 1.5 jam harus gendong Max, pegang camera, dipeluk kenceng sama bojo dari belakang kenceng bgt. Ketakutan doi πŸ˜‚
Semua terbayar sama pemandangan Canmore di kaki Rocky Mountain, setelah ditinggal dog sledding, cancel bolak balik, reschedule pesawat, hangus voucher hotel. Setelah beres kita ngumpul di depan api unggun, sambil makan snack. Trus beli photo 40cad. After lunch Sampe airport jam 2 siang, padahal penerbangan malem jam 9. Request utk dimajuin ke penerbangan jam 3 (padahal pesawat sebelumnya emang jam 3 πŸ˜­) kita disuruh stand by depan gate, nanti klo ada seat kosong dipanggil. Yay beruntunglah kita dapat seat kosong dan langsung boarding.

Hari ke 12. Di Vancouver nginap di Sheraton Wall Center, request utk late check out karena jam 10 malam penerbangan kita ke Toronto. Setelah jalan bentar di Pacific Center Mall lanjut ke airport.

Hari ke 13. Tiba di Toronto jam 5 pagi, lebih cepet 2 jam dari Vancouver. Setelah sarapan ambil mobil (udah booking sebelumnya) trus lanjut perjalanan ke Ontario 2.5jam. Wah udah cape bgt kali ini, kondisi udah agak drop. Mana salah jalan lagi, masuk border USA πŸ˜‚πŸ˜‚ akhirnya disuruh puter balik, bayar tol $7. Kita Kurang tidur dan Niagara Falls ini dingin bgt, minta early check in karena sampe hotel masih jam 10 pagi. Minum obat lgsg tidur, bangun jam 6 trus dinner. Kotanya sepi bgt klo musim dingin tapi katanya klo summer rame bgt.
Kita nginap di Sheraton Niagara Falls view, ini salah satu hotel tertua disini. Hotelnya agak jebot tapi viewnya bgs bgt, langsung ke air terjun Niagara.

Hari ke 14 sightseeing sekitar hotel, ke Niagara falls (Canadian side). Lunch di Hard Rock Cafe Niagara Falls, connecting dari hotel. Trus Ajak Max main di Great Canadian Midway (klo indo mah kek timezone gitu). Keliling seharian balik hotel, besok lanjut ke Montreal.

Hari ke 15. Jam 6 pagi langsung ke airport. Mana hujan deras bgt lagi, trus ada kecelakaan lg di tol. Sampe airport kembaliin mobil kena cas pula setengah hari, karena jam 10 baru di kembalikan (kita sewa jam 8 pagi πŸ˜­). Penerbangan jam 12 siang dan ternyata kita di T1, sedangkan pesawat kita di T3. Wah kali ini super deh, waktu udah mepet bgt. Bojo dorong trolly dengan 3 koper gede plus 2 tas backpack. Aku gendong si Max sambil lari-lari. Mendaki gunung, lewati lembah. Walau halangan rintangan menghadang, tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran. Hahaaay.. (awas bacanya jangan sambil nyanyi). Wkwkwk.. Kita naik turun lift 10x mah ada lanjut naek train segala ke T3 domestik.
Alhamdulillah ternyata masih sempet, cuma waktunya mepet bgt.
Sampe montreal ternyata salju deres bgt, naek taxi ke Le Westin Montreal. Setelah cek in Kita ke St. Lauren Shopping Center cari makan. Di montreal ini serasa di Paris deh, semua pake bahasa Perancis. Bahkan bill hotel sekelas *5 pun pake bahasa Perancis.

Hari ke 16 jalan ke Notre-Dame Basilica of Montreal, masuknya 60cad. Lanjut ke Marche Bonsecours, gak ada apa-apanya ternyata, cuma toko-toko kecil. Lanjut ke underground city yg ternyata klo weekend tutup, untungnya nyambung ke hotel jd langsung balik hotel aja soalnya diluar dingin bgt. Istirahat di hotel, karena besok kita lanjut perjalanan ke New York.

Di Canada wajib kasih tips minim 15% dari bill klo makan di resto. Parkir disini juga lumayan mahal dan gak bisa parkir sembarangan. Tapi Canada ini Indah bgt, gak bakal nyesel deh. Semoga catatan ini bermanfaat buat temans semua ya.