Jejak Harry Potter Di London-Edinburgh

Friday, March 1st, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Bagi kawan2 penggemar Harry Potter yang ingin napak tilas beberapa tempat bersejarah yang berhubungan dengan novel JK Rowling tsb, ada baiknya jika mengunjungi UK bisa dipertimbangkan untuk mengunjungi beberapa tempat berikut:

1. King’s Cross Station (London)
Di sinilah tempat Platform 9 3/4 yang terkenal itu. Selain itu, disini juga dijadikan tempat syuting film pertamanya dengan mengambil setting jembatan ketika berdialog dengan Hagrid sesaat sebelum keberangkatan dengan KA Hogwarts Express. Disediakan juga tempat bagi para penggemar untuk berfoto di dinding yang bertuliskan Platform 9 3/4 tapi harus antri bisa sampe 30 menit kalo datang siang. Tipsnya adalah datanglah pagi sebelum jam 9 biar tidak ada antrian.

2. The Elephant House Cafe (Edinburgh)
Kafe ini adalah yang paling terkenal sebagai tempat utama JK Rowling menulis dua novel pertamanya secara manual di buku sambil ditemani anak perempuannya yg tertidur di sebelahnya, disamping Spoon Cafe yg jaraknya tidak terlalu jauh.

3. Greyfriars Kirkyard (Edinburgh)
Di kuburan ini Rowling mendapatkan beberapa ide nama untuk tokoh2nya termasuk McGonnagal, Moodie dan Tom Riddle yang bisa kita baca di batu2 nisan yg ada di kuburan ini. Disini kawan2 bakal banyak jumpa dengan sesama penggemar HP di seluruh dunia yg sengaja berkunjung, jadi walau kuburan tetep aja suasananya ramai kayak pasar.

4. Victoria Street (Edinburgh)
Jalan pendek ini adalah ide utama Rowling untuk suasana Diagon Alley. Jalan pendek memutar ini terlihat indah apalagi ditunjang oleh banyak bangunan kuno di sepanjang jalan, beberapa diantaranya dengan sentuhan warna-warni yang mencolok.

5. George Heriot’s School (Edinburgh)
Sekolah ini adalah sumber inspirasi untuk bangunan sekolah Hogwarts. Sayangnya tidak dibuka untuk publik kecuali ada acara2 tertentu seperti Edinburgh Festival bulan Agustus.

6. The Balmoral Hotel (Edinburgh)
Beberapa buku terakhirnya ditulis Rowling di hotel ini sehubungan dengan popularitasnya yang kian mendunia membuat dia tidak bisa lagi bebas menulis di sembarang tempat, seperti ketika menulis buku2 sebelumnya. Tempat kamar dia menulis itu akhirnya dinamai The Rowling Suite yg mana asalnya adalah Room 552.

7. Museum Context dan The Boy Wizard (Edinburgh)
Kedua toko ini menjual beberapa merchandise resmi dari serial HP seperti syal, sweater, beberapa bentuk tongkat sihir sesuai pemiliknya dsb. Bahkan di Museum Context ada replika kamar HP di bawah tangga, cermin kamar rahasia dan bisa berfoto pinjam jubah dan topi sihirnya secara gratis.

Tentu saja masih banyak tempat lain selain tempat2 yg saya sebutkan diatas. Jika kawan2 betul2 penggemar Harry Potter bisa luangkan waktu barang seminggu untuk explorasi semua tempat bersejarahnya, mulai dari London, Alnwick Castle Northumberland dan Christ Church Oxford (tempat syuting Hogwarts), Glanfinnan Viaduct Skotlandia (tempat syuting kereta berjalan di atas rel menuju Hogwarts), Millenium Bridge London, London Zoo dan masih banyak lagi.

Beberapa tempat lain yg layak dikunjungi di Edinburgh tentu saja Edinburgh Castle yg terkenal itu. Juga bagi para penggemar belanja bisa shopping abis2an di sepanjang Princes Street mulai dari Edinburgh Castle sampai City Centre sampai terus ke arah timur/utara sepanjang sekitar 4 km.

Siapkan fisik anda karena jalan2 disini jaraknya dekat2 jadi kagok kalo naik bus/trem. Saya sendiri tidak sempat mengunjungi banyak tempat karena udh keburu lemas lututnya πŸ™‚πŸ™‚.

Bagi muslim, di sekitar situ juga ada mesjid Edinburgh Central Mosque lengkap dengan kantinnya yang pasti menyediakan makanan halal. Sempat mencoba nasi biryani dan nasi ayam dan kambing rasanya lumayan enak. Tapi di sekitar tempat2 wisata tadi gampang juga rasanya untuk mendapatkan makanan halal, jadi makanan tidak perlu dikuatirkan.

Happy Traveling..

Pictures gallery of Jejak Harry Potter Di London-Edinburgh

  • q
Advertisement
advertisement
Jejak Harry Potter Di London-Edinburgh | Backpacker | 4.5