Itinerary Korea

Friday, March 29th, 2019 - Korea Selatan
Advertisement
advertisement

Banyak banget ternyata pecinta Korea ya, entah ada apa dengan negara ini, menyuntik rasa kagum luar biasa dan menggugah semua orang untuk merasa, kehidupan di negara ini serasa impian.

Selanjutnya, yang saya maksud Korea dalam tulisan ini mengacu pada Korea Selatan ya kawan, akan saya sebut “Korea” saja.

Baik, biar tidak cuma bermimpi saya akan merinci itinerary untuk ke Korea, saya jangan di demo jika nanti tulisan saya panjang ya 🙂 semakin panjang semakin detail semakin bisa sesegera mungkin traveling ke Korea bukan?

Untuk Korea, saya tidak memiliki tips murah dan berbeda dengan Jepang yang anda harus memutar otak untuk menyiasati Pass/transport card, Korea lebih mirip-mirip Hong Kong dimana seluruh tempat sudah tercover MRT jadi ya, tidak terlalu menguras otak dan hati untuk menyusun Itinerary.

Agar tetap murah, anda cukup pintar-pintar mengatur destinasi saja, biar dalam waktu yang cukup, semua tempat bisa dijelajahi.

Yow yow yow! Langsung saja 🙂

DAY 1

Karena saya landing Korea awal November, udar sudah sangat dingin! Mulai lah saya aksi drama korea ngomong-ngomong sambil sengaja keluarin uap mulut! Hahahaa katrok!

Kawan bisa beli Sim Card di bandara 23.000 Won untuk unlimited 10 hari. Kebutuhan transport dan makan+cemil bisa dengan membeli T-Money di Sevel seharga 2500 Won dan silahkan di top-ups sesuai kebutuhan, lebih simple dan murah dengan card ini karena bakal sering dapat discount biaya MRT.

Buka hari ini dengan beli jus pisang sebotol itu ya, belum berasa korea kalau belum seruput jus pisang:)

Urusan airport selesai! Yok mari kita ke Seoul, ikuti sign kereta Express Train. Ada dua transportasi kereta, jika ingin cepat tapi mahal bisa ke sisi kanan yaitu Express Train. Kalau anda type “kere” seperti saya mending jangan berani tengok kanan! Tengok kiri saja dan temukan kereta All Stop Train, jauh dekat biayanya 1.250 Won! Disitu saya merasa senang 🙂

Mulailah membiasakan dirimu dengan maps MRT Seoul yang super mengular itu! Hahaha. Jamin mata kunang-kunang! Kemana kita hari ini? Karena saya landing siang hari menuju sore saya langsung ke Myeongdong Street Market, kita jajan sepuasnya! Beli jajanan dan minuman lalu nongkrong di depan Myongdong Katedral sambil menikmati sore hari yang indah.

Malam harinya, masih satu line (line 4) dengan Myeongdong menuju ke Dongdaemun, gedung dengan bentuk meliuk-liuk dan pantulan cahaya yang indah, sangat bagus buat santai di malam hari 🙂

Untuk urusan menginap, cobalah Siloam Sauna atau Dragon Hill Sauna, jimjilbang paling keren sejagat Korea. Siap-siap telanjang bulat ria! Sebuah sensasi yang tak mampu ditolak demi bisa berendam sepuasnya di air hangat pada musim gugur yang sangat dingin di luar! Serius menggigil! Antara 8°C malam hari.

Jimjilbang adalah salah satu trik hemat soal “menginap” karena hanya bayar 13.000 Won sementara harga hotel/hostel berkisar 30.000-50.000 Won, dimana harga semahal itu belum tentu sudah ada pemanas ruangannya! Mau jalan-jalan atau membekukan badan?

DAY 2

Lets enjoy Korea. Carilah Line 3 dan temukan stasiun Gyeongbokgung, dan keluarlah dari Exit 4, anda sudah benar-benar ada di halaman istana yang sering muncul di drama kolosal! Bayar 3000 Won dan masuklah. Jika ingin feel like prince/princess bisa menyewa Hanbok sehaega 13.000 Won/4 jam. Jangan lewatkan tiap jam 10 pagi ada pergantian penjaga istana, epik banget lah suasana!

Tepat di belakang Gyeongbokgung Palace terdapat National Folk Museum of Korea. Bagus bangunanya! Gratis bayarnya! Seneng 🙂

Jalan kaki dari Gyeongbokgung carilah Buchon Hanok Village, jangan ikuti mbah Google ya, kali ini mbah Google penipu! Maps nya salah.

Tempat ini dulunya adalah kawasan elit para bangsawan Korea, sekarang berubah jadi kafe-kafe cantik buat nongkrong. Pesen es cream green tea, lalu duduk manis sambil mandangi pernak pernik Korea! Nikmat!

Setelah jeliling Buchon Hanok, jalan kaki aja! Menuju Jogyesa Temple. Kuil ini selalu dihuas dengan tema-tema yang nenarik!

Lanjut jalan kaki, menuju Sejong Statute tepat di depan Gyeongbokgung Palace.

Malemnya, yok ke Itaewon! Dari Gyongbokgung Station, naik Line 5 dan transit di Yaksu Station lalu naik line 6 menuju Itaewon. Kawasan ini adalah kawasan yang padet merayap! Apalagi waktu itu sedang perayaan Halloween, semua orang berdandan hantu tapi bukan takut, malah lucu-lucu. Tempat ini juga surga nya kuliner! Tutuplah malam ini dengan kenyang!

DAY 3

Masih di Seoul, pergilah ke Anguk Station dan keluar di Exit 1, ketemu Changdeokgung Palace. Bayar 3000 Won untuk masuk Istana terbesar kedua dan 1500 Won untuk bisa menikmati Secret Garden dalam istana yang dahulunya hanya bisa dimasuki putri-putri dan dayang istana.

Belum lengkap kalau belum ke Monas nya Seoul kan! N Seoul Tower!

Dari dari Anguk station beralih ke Myeongdong station, jalan kaki dikit ke arah utara mencari Cable Car Station. Tiket lumayan mahal untuk one way 6000 Won dan roubd trip 8000 Won. Tapi, dibanding menapaki ratusan tangga dan anda pingsan?

Observasium seharga 15.000 Won, aku sih enggak! Karena keliling di bawah tower pun sudah asik. Jam 3 sore sering ada pertunjukan traditional dance! Seru.

Menjelang malam lanjut ke Express Bus Station. Jalan kaki 200 meter ke arah sungai Han dan temukanlah Banpo Bridge Fountain. Malam hari nongkrong pinggir sungai, dengan air mancur di pinggir jembatan diiringi permainan cahaya dan musik? Asoy!

DAY 4

Nami Island!
Untuk ulasan ini silahkan tengok postingan saya :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=248917602595231&id=100024309790127

Sepulangnya dari Nami Island kalau belum capek, datanglah ke Cheonggyecheon! Dahulu sungai ini kumuh dan lalu diubah oleh pemerintah menjadi tempat nongkrong cantik dikala malam. Pas saya kesana sungainya lagi dimeriahkan dengan lampion dan kanan kiri sungai diramaikan bazar kuliner!

Larut malam, kawan bisa berburu kuliner yang benar-benar makanan tradisional Korea di Gwangjang Market! Murah meriah!

DAY 5

Pegilah ke Sanggal Station dan keluar di Exit 2, lalu berjalan kaki kurang lebih 15 menit menyusuri Geumhwa-ro kemudian belok ke kiri ke arah Yonggudaero, belok kiri lagi ke jalan Minsokchon-ro dan sampailah kawan di tempat tujuan ini, Korean Folk Village!

Destinasi yang memanjakan anda dengan suasana joseon! Dengan tiket 27.000 Won. Untuk menikmati destinasi ini buuuh waktu satu hari full!

Yah! Hari terakhir, sudah harus pulang dan meninggalkan Korea. Malam hari ini anda bisa menikmati Korea sepuasnya!

Menuju Airport! Perhatikan!

Kalau anda mau menuju Airport untuk pulang, usahakan spare waktu kurang lebih 3 jam ya sebelum jadwal boarding. Karena jarak Chek-in sama Gate itu jauh sekali dan anda harus menaiki MRT Airport lebih dulu, entah karena penerbangan yang aku pilih ini low cost atau gimana, gatenya jauh sekali.

Tapi gak usah kuatir, Incheon Airport itu lumayan nyaman kok untuk dinikmati, Mall di Airportnya mirip-mirip Changi, katanya sih termasuk Airport Terbaik dan Tercanggih di Dunia.

Saat kawan lihat maps MRT Seoul, ada dua titik Station yang sama-sama namanya Incheon, nah! beberapa orang gampang tersesat (kayak saya hihihihi!).

Kalau kawan pakai Express Train sih ga bakalan tersesat karena jalur nya satu saja menuju Airport dan tidak berhenti-berhenti di tiap Station. Tapi kalau kawan sama seperti saya yang selalu ingin bayar murah, All Stop Train harus turun di setiap Station dan mulailah kita bergerilya mencari alur terdekat.

Kadang kita keenakan duduk dan mentarget Incheon Station, padahal sebenarnya jalur Airport bukan Incheon Station, kawan harus mencari Station Incheon yang ada tanda pesawatnya.

Saya tersesat, sampai di Incheon Station namun ternyata itu masih beda pulau dengan Airport dan kalau anda naik Taxi anda bakal kena 50.000 Won. Untung waktu saya masih cukup jadi saya balik lagi masuk MRT dan meluruskan perjalanan. Sampailah saya di Airport dengan selamat dan sentausa tanpa ketinggalan jadwal.

Pengalaman berharga!
Ayok mari ke Korea! Solotravel aja!

Lebih seru dan semua tempat bisa dijelajahi!

Pictures gallery of Itinerary Korea

  • e1
Advertisement
advertisement
Itinerary Korea | Backpacker | 4.5