Hongkong Mau Murah?

Friday, March 29th, 2019 - Hongkong
Advertisement
advertisement

Siapa yang nggak kedip-kedip kalau diajak bicara trik murah, apalagi untuk traveling ke Hong Kong yang katanya super duper mahal. Ayo emak-emak yang suka harga diskon! Sini dimari.

AIRPORT > HONG KONG

Mahalnya Hong Kong sudah berasa saat pertama kita landing di airport dan hendak menuju kota Hong Kong. Biasa, pilihan orang langsung tertuju pada MRT Airport Express yang sekali jalan harganya $150 HKD dan jika dihitung PP mencapai $300 HKD (sekitar Rp. 550.000 dengan kurs 1$HKD = Rp. 1.850), buat saya harga segitu mahal sekalee! 😂

MRT Airport Express adalah transportasi termudah dan tercepat dari Airport menuju kota Hong Kong, apalagi bagi mereka yang membawa koper ukuran besar, bersama orang tua yang kemampuan aktifitasnya terbatas, dan atau terburu-buru waktu mengejar destinasi.

Untuk saya yang jalan santai, solo travel, bawaan cuma satu tas backpack, dan landing pada jam siang hari yang masih banyak waktu luangnya, saya mencari transportasi semurah-murahnya! (kebiasaan pelit yang akhirnya memaksa otak bekerja dengan cemerlang haha!)

Pilihan saya jatuh pada transportasi BUS! Jantung lumayan berdetak saat bicara transportasi Bus di negeri yang seramai dan sebesar kota Hong Kong, sempat bikin ragu. Namun kalau sudah ditantang, niat jadi menggila!

Cara menggunakan Bus dari Airport ke Hong Kong sangat mudah! Saat anda tiba di Arrival Hall Terminal 2, anda lihat saja petunjuk arah ke Terminal Bus dengan tanda gambar “Bus”. Anda ikutin saja sign bergambar “Bus” dan anda akan sampai di Terminal Bus Airport.

Tidak jauh, hanya beberapa menit jalan kaki anda sudah menemukan beberapa Bus yang berjejeran di depan Airport. Cari bus dengan Kode S1 dan turun di Stasiun MTR Thung Chung (MTR adalah MRT versi Hong Kong), anda hanya tinggal nempelin Octopus Card ke “Pay Box” bus nya dan hanya membayar $3 HKD sudah sampai di stasiun MTR Thung Chung, perjalanan hanya sekitar 15 menit.

Octopus Card, semacam kartu ampuh yang bisa digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan mulai dari barang-barang di Sevel sampai bayar untuk semua jenis transport pun bisa. Harga Octopus Card ini $150 HKD, kartu anda akan terisi nominal $100 HKD dan deposit $50 HKD. Tenang, nanti saat pulang deposit itu bisa diklaim ulang kok, terpotong $3 HKD untuk pajak. Octopus Card sangat berguna untuk transportasi Bus ini karena memudahkan pembayaran.

Sampai di MTR Thung Chung anda bisa cuci mata sedikit sebelum melanjutkan perjalanan, karena di sebelah stasiun ada Mall Citygate yang kata orang sih murah-murah untuk belanja.

Dari Stasiu Thung Chung MTR anda akan menuju Hong Kong. Sekarang tergantung lokasi hotel anda ada dimana, di daerah Kowloon atau di Hong Kong nya. Saat itu hotel saya ada di daerah Tsim Tsa Tsui karena di daerah ini anda masih bisa dapat hotel dengan harga murah untuk ukuran biaya hidup di Hong Kong.

Dari Thung Chung MTR, untuk menuju Stasiun Tsim Sha Tsui MTR anda bisa memilih jalur yang berwarna Kuning , kemudian anda punya dua pilihan jalur untuk melanjutkan rute MTR. Jika anda ingin turun di Tsim Sha Shui (jalur merah) anda transit di stasiun Lai King, atau jika ingin turun di East Tsim Sha Tsui (jalur pink) transit di stasiun Nam Cheong, sama-sama dekat. Perhatikan peta MRT yang saya upload.

Saran saya anda memilih jalur pink karena lebih sedikit jumlah pemberhentian. Dari Thung Chung transit di stasiun Nam Cheong lalu lanjut ke East Tsim Sha Tshui. Hanya merogoh $16 HKD anda sudah sampai di Tsim Sha Tsui. Total dari Airport ke Tsim Sha Tsui anda hanya menghabiskan $19 HKD, murah bukan???

Begitu juga cara balik ke Airport, anda bisa mengambil jalur yang sama, lumayan kalau PP anda bisa menghemat hampir $250 HKD jika anda menghindari Airport Express MRT, lumayan buat makan dan jajan streetfood 😁

Sensasi tersibuk saat anda berada di Hong Kong adalah di Tsim Tsa Tsui pada sore menjelang malam. Banyak sekali aktifitas yang bisa anda nikmati disini, mulai berburu kuliner, nongkrong di cafe yang cantik, cuma pastinya merogoh kocek yang tidak sedikit. Mau gratis? Nongkrong saja di Viewing Deck, tepat di belakang Hong Kong Cultural Centre. Di sana telah banyak orang berebutan “spot” untuk menonton Shymphony of Light, katanya kalau tidak antri lebih dahulu, tak bakal dapat tempat strategis untuk bisa dapat view terbaik pertunjukan lampu-lampu gedung Hong Kong. Pertunjukan ini akan dimulai pukul 20.00 dan 2 jam sebelumnya saya sudah “plot” tempat terbaik sambil foto-foto.

HONG KONG > NGONG PING TIAN TAN BUDDHA

Dari Tsim Sha Tsui, anda bisa gunakan MTR menuju stasiun Thung Chung sama seperti ulasan saya kalau anda akan kembali ke Airport.

Keluar dari stasiun Thung Chung anda bisa melihat sign Bus ataupun Cable Car. Kedua transportasi ini bisa anda pilih untuk menuju Tian Tan Buddha.

Kebanyakan, orang merasa rugi jika ke Ngong Ping tanpa menggunakan Cable Car, melihat patung Big Buddha dari ketinggian memang menabjudkan. Cable Car ini juga disebut Ngong Ping dengan harga $200 HKD untuk roundtrip sementara untuk singletrip dengan harga $165 HKD. Buat saya, harga ini lumayan mahal :p

Saya memutuskan mencoba ke Ngong ping menggunakan Bus! 😀

Saya datang kepagian, dan Cable Car ini mulai beroperasi jam 10.00 pagi. Dengan itung-itung ngirit juga, saya memilih menggunakan Bus dengan Kode 23 yang juga mengantar langsung di depan gapura Tian Tan Buddha hanya dengan $17 HKD pakai nempelin Octopus Card.

Cara untuk dapat Bus ke Ngong Ping, saat keluar dari MTR Thung Cung, lihat sign gambar Bus, yang akan mengarahkan anda pada terminal bus yang tidak jauh dari MTR. Terminalnya bukan yg pas di depan pintu keluar MTR, namun berjalan kaki kurang lebih 5 menit, anda akan menemukan terminal tepat di seberang gedung MTR. Pilih bus no 23 ya!

Anda akan menikmati perjalanan darat kurang lebih 30 menit dengan view kanan kiri laut dan pegunungan yang tak kalah indahnya.

Untuk pulang ke Hong Kong, tepat di sebelah Ngong Ping village, anda bisa menemukan terminal bus, pilih bus no 23 dan anda bisa menggunakan jalur sama seperti saat anda datang!

Selamat mencoba 😁

Pictures gallery of Hongkong Mau Murah?

  • q9
Advertisement
advertisement
Hongkong Mau Murah? | Backpacker | 4.5