Cerita Keren Pengalaman Backpacker Trip To Europe

Monday, March 25th, 2019 - Eropa
Advertisement
advertisement

Assalamualaikum..selamat sore, saya mau berbagi cerita trip Europe kmrn,selama 2 mgg. Itinenary lengkap udah pernah saya posting.

Milan, day 1-3
Saya banyak ngider sendirian krn suami sibuk, jadi pake tripod sangat membantu, gak sekedar biar bisa selpih sukaesih, tapi jg mengatasi tangan yg gemetar karena dingin. Belanjanya ke pasar, dapat barang harga kaki lima tuh seneng bgt.
Tips ngirit yaitu piknik sendiri makan bekal nasi padang di taman entah dimana πŸ€£πŸ˜˜πŸ˜, snack bawa roti hasil nilep di resto pas breakfast. no jajan πŸ˜Ž.
Hari 3 batal main ke lago di como, si akang masih ada acara, lagian belon tuntas acara belanja belanji πŸ˜‚πŸ€£ yup..ngider dalam kota aja dah.
Konyol2 ngenes dah, pagi2 dalam metro, ada cewek berdua, satunya lagi bunting pulak, eh nyoba nyopet diriku, dia buka tas ransel pas saya lengah asik pandang2an syahdu ama laki. Kasian, isi tas kan cuma roti hasil ngembat pas sarapan ama mimik. πŸ˜…πŸ˜‚ gak tau dia saya pake jurus alm nenek, duit gede mah diplastikin masuk dalam kaos kutang πŸ˜ŽπŸ˜ˆ.
btw tukang becak disini kok beda wajah ya ama mamang becak dibandung..duuh ampe mesem2 ge-er diliatin si mamang

Cinque terre, day 4
Pertama liat foto desa ini, saya langsung terpesona dan janji bakal kesono satu hari nanti. berhubung waktu yang mepet dan tipis, setipis jatah belanja daku di europe πŸ˜­πŸ˜­ trip kali ini cuma sempat ke Manarola dan Riomaggiore..abis itu ngider ngider La Spezia.
Rupanya winter itu banyak yang pada hibernasi, resto yang buka cuma dikit. Kesampaian sih nyobain ikan bakar di Italy, ternyata sama aja ikan disini ama di Labuan bajo. Seafood disini fresh, ikan cuma dibakar ama garam aja gurih ne pol. Saya doyan, tu ikan bersih ampe kucing liat pun nangis kayaknya, jatahnya diembat πŸ˜‚πŸ˜‚.
Note: Penitipan barang cuma ada di La spezia, kalo ranselan ringan aja bs turun monterosso berakhir la spezia, jd searah. Day pass bisa beli di tourist center tiap desa.

H 5, Florence
Banyak yang nanya kenapa skip Roma dan Pisa, entah kenapa kedua kota itu gak begitu menarik buatku..pilihanku malah jatuh ke Florence. Mirip ama Milan, kota gede dengan banyak arsitektur menarik plus pusat perbelanjaan yang seksih melambai πŸ˜
Pas banget lokasi hotel, Luxor florence, dekat ama stasiun central dan bus stop antar kota, strategis banget, pegawainya baek2 bingit pula. Rekom dah
Hari ini Jumat, jadi si akang tercyintaah mesti shalat Jumat..alhamdulillah ada mesjid yang dalam jangkauan kaki. Ternyata rame loh, yg shalat ampe melimpah ketaman depan mesjid. Feeling blue..waktu denger suara adzan aku mewek πŸ˜­πŸ˜­ gimana gitu rasanya..pokok e terharu bahagia. Jamaahnya juga baek..didoain ibu2 disana supaya bisa dapat Junior secepatnya..kita minta ama Allah..gitu kata beliau πŸ˜‡β˜ΊοΈ
Gak ampe sore sih kita ngider2 di Florence, gak perlu beli day pass, asal dengkul masih kuat..semua objek wisata bisa jalan kaki. In my opinion, kalo jalan lebih enak gak pake bus tour, banyak spot2 unik meski sekedar parkiran sepeda yang asik buat dijepret. Kami juga suka mampir liat etalase jualan orang ampe local market. cobain coffe di cafe lokal, di sini kagak ada Starb**k ya..Italiano lebih jago kayaknya buat meracik coffe

Venice, H6
Venice lagi meriah, carnaval season. Pada rame yang dandan pake aneka kostum unik, anak anak kecil pada sebar sebarin potongan kertas warna warni di jalan, banyak atraksi..muka2 hepi ditemui disemua sudut jalanan Venice.
Naik gondola price na 80€ per boat, menurutku sih kemahalan cuma berdua, untung begitu cengar cengir manis menggoda minta ditimpuk, berhasil ngajakin bule berdua buat patungan sewa gondola. Kanal gak bau menyengat, entah karena debit air lagi tinggi kali ya gak tau juga. Pokoknya aroma Venice gak seburuk yang pernah dibaca.
Venice kota yang cukup kecil untuk ngider pake ngesot doang, paling bikin kaki pegel kremes kremes. Kalo malesan bisa naik water taxi ato public boat. bisa beli tiket day pass gitu. Tapi dasar saya pelit, jadi cuma beli tiket 2 way buat ke stasiun kereta dan hotel pp. Sisanya mah pake dengkul. Kita banyak jalan sih, gak masalah soalnya dah biasa jalan kaki manggul gabah dari sawah dikampung πŸ˜œ
Kebiasaan selalu gatel mau liat pasar, jadi lah mampir pasar ikan. beli manisan buah disini, ciyus manisan disini enaaak. lumayan mehong 300rb/kg. muslim lokal yang ditemui orang dari Bangladesh, India dan Malaysia. Tapi disini gak ada mesjid.

Wonderful Hallstatt, H7
Beruntung banget hari main kesini pas lagi cerah, matahari sumringah macam muka daku pas nemu amplop gaji ke13 yg diumpetin laki. Hallstatt adalah main destination emak, bela2in banget rutenya melipir kesini, jauh pula. Naik train semaleman, pake acara nyolot2 ama bule yg ngambil kursi kita. tapi beneran terbayar tunai..gak pake utang. sama kayak maharku dolo “seperangkat alat sholat dibayar tunai” πŸ˜˜πŸ˜
Pernah liat postcard kalo winter kan? persis deh ama view disini. Cantiiiik gila!! Fyi, kalo main sini mendingan nginep di desa sekitar hallstatt, rekom aku sih di obertraun. apartemen Simmer house yang kami sewa ciamik view na. akomodasi lebih murah dan gak bakalan bikin kamu geret2 koper jauh. tenang aja, ada shuttle bus yg wara wiri kok.

The World Heritage, Cezky Krumlov, D8
Desa kecil di Czech Republic..pusat historic-nya kecil, cukup buat dikunjungi day trip dari Prague atopun dari Hallstatt. Cukup 3/4 jam muterin desa ini dah selesai kok.
Mungkin karena kita abis dari Hallstatt yang WOW banget view na, jadi kebanding ama Cesky. Si akang agak kecewa gimana gitu. Kayaknya karena hasrat dia berenang bareng bebek di Hallstatt lom kesampaian, lupa bawa celana renang. Manyun2 manja aja bawaannya, untung gak ada tali karet buat ngejepret. Beda keunikannya emang antara Hallstatt dan Cesky.
 Menyusuri jalan jalan di Cesky berasa balik ke abad 18. Kalo kamu penyuka vintage, bakalan betah dah dengan banyaknya spot nongkrong, resto ama toko lokal yang unik unyu unyu. Kita bahkan 2x mampir resto yang jadul abis interiornya, mikir bisa pesen ikan bakar, eh nemu bakaran kaki πŸ· yang montok kayak talas bogor, kami jalan mundur πŸ˜‚ takut selilitan gigi.
Perjalanan Hallstatt-Cesky-Prague kita pake mobil travel gitu, supirnya masih brondong dan ganteng. Kalo homebase di Prague, boleh banget disempatkan mampir kesini, sekitar 3 jam naik mobil dah sampe

Prague, day 9-10
Mampir kota ini sesuai request suami, awalnya saya pengennya ke Swiss. Setelah ditimbang, diukur, diperes2..yang lebih backpacker friendly ya Prague. Kita gak nyesel……tiap sudutnya unik dan cantiiik πŸ˜πŸ˜˜
Kalo orang pada naik bus ato tram, seperti biasa kami milih akomodasi gratis, cukup diisi bbm nasi alias pake kaki. Malemnya nempelin koyo ama minum analgetik. Umur dah bangkotan ,mesin mulai reot, emang gak bisa dibohongi.
Tips: cari penginapan di historical center, kemana2 gampang, banyak makanan juga. Gak bakalan cukup satu hari buat kami explore Prague,kita nginep dua malam.
Dolo sebelum berangkat emak ngebet banget pengen sewa fotografer pro buat abadikan momen kita di Prague. Apalah daya..cari2 info cost na bisa buat akomodasi kita seminggu πŸ˜­πŸ™ˆ. Klo mau foto di charles bridge datang pagi2 banget ya, abis matahari nongol gitu, biar bs sepi.

Berlin, day 11
Kesan pertama menginjakkan kaki di kota ini…suram…afek datar gitu ekspresi orang2nya. Entah apa karena udara dingin yg cukup kinyis kinyis. Kami berangkat naik bus dini hari dari Prague, 4 jam ampe Berlin.
Ini cuma one day trip karena gak pake nginep, malamnya langsung cuss naik bus lagi ke Brussel. Barang bisa dititip diloker stasiun,yg gede biaya 24 jam 5€.
Nginep di bus ato kereta menurutku lebih efektif, ngirit waktu dan tentu sajooo irit biaya. Kurangnya cuma bikin lelah hayati πŸ˜­πŸ˜­ kebayangkan kaki dah pegel seharian jalan kaki, ditambah semaleman mesti duduk manis di bus, winter pula. Bilang ama Dilan..yang berat itu mesti geret2 koper antar kota naik angkutan umum saat udara dibawah 0’C. Kamu gak akan kuat, biar daku aja πŸ˜…πŸ˜…
Entah lah saya lebih menyukai atmosfer kota kota di Italy..rasanya lebih hangat dan ceria. Apa pengaruh udah kelamaan halan jadi mulai kelelahan bisa jadi sih..sayang nyari mbok pijit gak nemu disini πŸ˜’😒

Brugge, Day 12
Traveling dengan pasangan adalah salah satu cara buat menguatkan bonding..makin mengenal karakter satu sama lain, susah seneng dikampung orang dijalani berdua..nyasar dibawa ketawa, laper masak tengah malam makan berdua..romantis gak tuh…banget…😘😍.
Saya yg aslinya bukan pecinta kota metropolitan, memilih kota kecil nan cantik Brugge sebagai tujuan utama di Belgia. Kita cuma mampir numpang pipis di stasiun Brussel, gak ada ngider blas πŸ˜…πŸ˜„Ciyuuuss…kota coklat ini keceee..arsitektur bangunan masih sangat terjaga, bisa naik delman tak tik tak tik tuk buat keliling kota *jangan tanya harga, daku gak tau, soalnya cuma ngandelin sepasang kaki yg gagah berotot ini*
Kamu bisa mencium aroma manis coklat di sudut sudut kota..wangi…manis…bikin mabok. Tenang cyiiin..mabok coklat mah aman, yg susah kalo dimabuk cinta. Kata nye..cinta bikin ta** kambing rasa coklat. Gak tau ya store coklat mana yg paling enak..abis mampir bbrp kok sama enak semua πŸ˜…πŸ˜„ rasanya bervariasi, bentuk lucu2 pula. Ada bbrp yg pake alkohol, tanya dolo ama yg jual. btw wajib cobain belgian waffle yak.Ada mesjid dipinggiran kota, sekitar 20 menit jalan dari stasiun Brugge..saya gak ngikut pas laki shalat jumat. Kata si akang sih banyak muslimnya. Alhamdulillah πŸ˜‡πŸ˜‡

Amsterdam, H13-14
Bukan hal sulit rasanya memasukan Amsterdam sebagai salah satu kota favorit. Energik, hangat, unik…cuman satu hal yang sangat mengganggu yaitu bau rokok cannabis yang bisa tercium bebas. Saya muntah berkali kali πŸ€’😷 baunya apek dan kuat..gak bisa deskripsikan eneg na gimana, pokoknya semenjak tau aroma th cimenk, emak berubah jauh lebih menghargai wangi kentut laki, setidaknya gak pernah bikin emak mual muntah πŸ€£πŸ˜œπŸ˜ *noh beb ai lap yu loh*
Hepi gak kira kira ampe hari pertama seharian main di Albert Cuyp Market. Banyak jajanan enyaaak πŸ˜πŸ˜ ngesot 5 langkah, mampir jajan. Jalan miring geser stand, beli camilan. so proud of my stomach capacity..luas dan lapang menerima pasokan. πŸ˜ŽπŸ˜‹ btw kalo beli oleh2 buat fam disini..lucu2 dan murce.
Saya jatuh cinta disini..bukaaan…bukan ama bule berkumis coklat..tapi ama sepeda. Ampe merengek minta belikan ama laki, tapi kata laki ntar dicarikan second hand aja di bandung. Jelas gak repot ngirim dan jauh lebih ekonomis *udah kegadai empang soalnya buat halan halan ke europe* πŸ€£πŸ˜œ Ku tunggu janjimu duhai suami…ato siap2 aja bangun pagi berubah jadi kumis Charlie chaplin πŸ˜ŽπŸ™Š
Malamnya kami menunaikan challenge buat explore red light district. Jangan salah..ada 3 area lo di amsterdam, tapi emang yang paling rame di center yg deket dam.saya antusias…sementara laki menyembunyikan ekspresi girang liat etalase *jadi muka mringis*ditawarin jalan mencar eh akang gak mau..alhamdulillah masih kuat iman dan imron.
Btw kita nemu canal tour depan central station dgn harga paling murah dibanding operator lain, 11€ buat 1 jam naik boat. Kami duduk didepan, trus diajak ngobrol ama supirnya, kalimat pertama dia adalah nanya apa emak bener orang Indonesia. trus dia meminta maaf buat apa yg dilakukan bangsanya selama jaman penjajahan. Jadi lah sepanjang perjalanan kita ngobrol dari sejarah ampe tingginya tax disono.
H-14 cuma packing barang karena siang dah mesti terbang ke Singapore. Udah siapin 2 travel bag loh buat cadangan tambahan tempat..ternyata gak diperlukan. Barang kita datang ama pulang gak berubah banyak. Saya cuma beli kaos sebiji 5€ di Primark. Mau belanja belanji malah gak nafsu..πŸ˜…πŸ˜… ngambek kayaknya pas ngelus sepeda gak dikasih

Itinenary dan detail cost udah dipostingan yah..silakan japri kalo ada butuh info lainnya.