Berjalan – Jalan Ke Tibet (Via Chengdu-China)

Tuesday, February 12th, 2019 - China
Advertisement
advertisement

Morning! 
Hi rekan2 BI yang berbahagia.

Izinkan saya untuk share trip saya dan temen2 ke Tibet (via Chengdu-China) minggu lalu, 16-25 Nov 2018.

Untuk foreigner, wajib pakai jasa tour guide selama di Tibet. Jadi sebelum berangkat, kita sudah kontak2an dengan tour guide (lebih banyak bargaining harga sih hahaha). Kita ambil paket tour yang paling singkat, yaitu 8 hari. Dan itupun kita singkat jadi 6 hari karena keterbatasan waktu (cuti si sebenernya haha).

Selain itu, kita wajib punya entry permit untuk masuk ke Tibet. Fee permit sudah satu paket dengan tour nya dan akan di urusin sekalian sama mereka. Menurut info dari si babang guide, permit itu granted for 28 days saja. Yang mengeluarkan adalah Lhasa tourism bureau.

Entry permit diperlukan pada saat masuk Lhasa. Karena kita pakai pesawat, pada saat check in di bandara (dan ada security tambahan lagi setelah nya persis kaya lewat imigrasi) si permit asli ini harus dikasi lihat ke officer nya. Untuk yang ke Lhasa naik kereta api, sepertinya juga harus nunjukin permit yang asli. Permit asli kita dipaketin sama tour guide nya ke penginapan kita di Chengdu.

Ini rute kami:
16 Nov JKT- KL
17 Nov KL – Chengdu
18 Nov Chengdu – Lhasa flight pertama pagi jam 6.
Kita dapet Tibet Airlines (full service dan bagus anettt). Sampai Lhasa, di bandara kita dijemput sama guide. Perjalanan dari Gonggar airport Lhasa ke city sekitar 1,5 jam. 1st stop kita adalah Drepung Monastery, dan sore nya dilanjutkan ke Jokhang Temple (deket dari hotel, jalan kaki saja). Karena sunset skitar 7.30pm, kita masi ada waktu explore city setelah itu.

19 Nov
Pagi nya kita dianter ke Potala Palace, that used to be Dalai Lama residence. Siap2 ya gaes disini, siap2 capek. Itu palace gede, dan ada lebih dari seribu anak tangga. Take it slow ajah, secara oksigen tipis di kota ini, jadi gampang ngos2an. Dan kita beruntung banget dapet guide dan anggota tour yang sabar nungguin kita (ngos2an) haha. Selesai dari sini, kita lunch, dan lanjut ke Sera Monastery. Yang ini ga terlalu besar, highlight nya adalah kita nonton Monk’s Debate yang terkenal itu.

20 Nov
Check out hotel, persiapan menuju Shigatse. Dalam perjalanan disuguhi yellow-brown hills, mampir ke Yamdrok Lake, Nyenchen Kangsar Glacier, mampir ke Gyantse ngelihat stupa Gyantse Kumbum. Nginep di Shigatse.

21 Nov
Highlight of the day adalah EVEREST BASE CAMP!
Selama perjalanan bisa melihat spectacular Himalayan Ranges and its glorious peaks viz Mt. Makalu [8463m], Mt. Lotse [8516m], Mt Everest [8844m], Mt. Cho Oyu [8201m] and Mt. Shishapama [8020m]. Keren!!!
Nginep di village (local guesthouse) di Rongbuk.

22 Nov
Pagi2 dibawa guide untuk chasing sunrise. Setelah nya, drove back to Shigatse, in between mampir ke Thasi Lhunpo Monastery.

23 Nov
Kembali ke Lhasa. (terus mewek sedih karena liburan Tibet kelar hikzz)


Catatan:
– November itu masuk winter jadinya low season, so semua entrance ke tempat2 di atas dan landmark2 nya rata2 half price (happy!).
– Paket tour nya exclude makan dan tips guide. Sekali makan itu skitar 80-120rb per orang. Tapi porsi gede, jadi mostly saya dan temen2 sharing haha.
– Usahakan jangan sering2 kebelet di public area, kecuali berani menerima kenyataan wkwkwk.

Oia, skalian mo promosiin babang guide nya, yang super duper cheerful, helpful, very patient, and speak english fluently, babang Tenzin Nyima. Sekira nya ada yang niat kesana dan butuh informasi guide, bisa pm ke saya, akan saya share kontak nya beliau. Skalian saya share itinerary nya 🙂

Tashi Delek! 
Terima kasih 💕

——————————
Edit.

Untuk biaya tour saya bayar $645 per pax. Biaya tour nya include entry permit dan penginapan, start dari Lhasa sampai balik ke Lhasa lagi.
Standard tour nya 8 hari, dimana hari pertama ga ada tour, jadi kita hanya disarankan untuk istirahat dan menyesuaikan diri dengan ketinggian (aklimatisasi), supaya ga kaget badannya. Hari trakhir juga untuk istirahat.
So,$645 itu literally untuk tour start Lhasa saja, itu diluar tiket jkt chengdu lhasa, dan exclude lunch+dinner+guide tips.

Pictures gallery of Berjalan – Jalan Ke Tibet (Via Chengdu-China)

  • b0
Advertisement
advertisement
Berjalan – Jalan Ke Tibet (Via Chengdu-China) | Backpacker | 4.5