Bagi Backpacker Yang Ke Nepal. Hati – Hati Dengan Orang India Di Nepal

Tuesday, February 12th, 2019 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Jika ada orang India di Nepal mendadak menghampiri anda, hati-hati! Orang Nepal tidak melakukannya, karena beberapa kali hanya orang India yang berusaha mendekati saya.

Saat saya hendak menuju Pashupathinath, lalu tiba-tiba ada cowok India menanyai saya dengan bahasa Nepal, saat saya bilang kalau saya bukan Nepali. Dia berbahasa Inggris dan meminta maaf. Lalu saya lanjut berjalan.

Eh! Dia mengikuti dan bertanya “mau kemana? Saya jawab Pashupatinath. “Hey hari ini ada festival di Nepal, jangan ke Pashupatinath dulu, festival ini setahun hanya sekali.” Yang namanya living culture pasti membuat saya buta mata, saya langsung balik arah. Dia bilang “ayo bareng saya, saya juga mau kesana” ya saya mah ayokan aja.

Dia pintar mengambil hati, dia bilang adalah orang Hindu India yangbsedang belajar Buddha, saya pun terkesan. Dia menjelaskan berbagai makna kuil dengan sangat detail dan mengesankan.

Bahkan saya diajak berdoa dan dia menaruh tanda merah di kening saya dan menabur bunga di kepala saya. Dalam hati sempat berfikir, dimana festivalnya? Tapi ya saya tetrp menikmati penjelasan dia.

Eh! Diakhir cerita dia bilang kalau di Nepal dia ada anak istri, dia bukan guide tetapi sebagai karma meminta saya membelikan makanan untuk anak istrinya. Saya pikir “why not?” Kalau untuk makan saja pasti saya dengan senang hati berbagi. Dia bilang tidak bisa menerima uang, karena tidak baik untuk karma, tapi jika makanan untuk perut, itu adalah karma yang baik.

Nah ini modusnya, sepertinya semua scam ini berafiliasi dengan warung langganan, yang juga orang India. Dia membawa saya ke warung dan memesan susu dua dus dan beras 5 kg. Lalu pemilik warung menunjukan kalkulator dengan harga 5000 Rs. Gila! Itu hampir satu juta!

Langsungbsaya bilang “not! I have no much money! Sorry”. Dia mendesak dan menasihatiku banyak tentang karma baik dan tidak baik. “I said no! This is scam! I dont do it”. Dia minta “okey give some money”. Saya balas, “kamu lihat di depan itu? Itu polisi. Mau kita selesaikan disana?” Langsung seketika dia pergi dan mengumpat pakai bahasa yang saya tidak tau maknanya.

Saya menganggap ini pengalaman banget yang harus saya sebar, fotonya pun akan saya sebar. Setidaknya saya tidak kehilangan uang, namun kehilangan waktu efektif saya 30 menit yang hilang.

Hindari orang India di nepal yang tiba-tiba bertanya dan menawarkan bantuan ya! Serius.
Orang Nepal tidak melakukan ini! So jangan mengurangi semangat untuk traveling to Kathmandu kawan!

Pictures gallery of Bagi Backpacker Yang Ke Nepal. Hati – Hati Dengan Orang India Di Nepal

  • z1
Advertisement
advertisement
Bagi Backpacker Yang Ke Nepal. Hati – Hati Dengan Orang India Di Nepal | Backpacker | 4.5