Backpacker Ini Solo Traveling Ke Muscat

Thursday, February 14th, 2019 - Ragam
Advertisement
advertisement

3 minggu lalu saya jalan solo-an ke Muscat. Kebetulan saya ada miles berlebih dan akan expired, maka saya belikan (redeem) ke tiket one way ke Muscat. Perjalanan ke Muscat dari Dubai adalah satu jam (seperti Jakarta – Lampung) ga terlalu jauh, dari new Muscat International Airport saya naik bus ke Shatti Qurm, tinggal disana untuk 3 malem.

Karena perjalanan start dari DXB (Emirates), saya dapet pengalaman baru dimana satu pesawat 97 persen perkiraan saya dari yang saya lihat penumpangnya pake jas semua, serius saya sendiri yang pake kaos oblong-nya Matahari 😰 Kalo ada kawan yang pernah ngerasain di-rasis-in sama bule, saya pun mengalami dalam perjalanan inj tapi cuek aja (ga usah dibahas ya, nambah satu chapter lagi tar)

Selama di Muscat saya ga keluar kota hanya eksplorasi kota saja, termasuk Sultan Qaboos Grand Masjid dan Muttrah Bay. Kebetulan saya tinggal di daerah Shatti Qurm jadi tetanggaan sama Muscat Roya Opera House, kalo malem lighting-nya keren. Overall, kotanya tentram dan ga terlalu panas udaranya untuk daerah Gulf, karena kondisi kotanya memang berbukit.

Makanan terhitung murah dari tradisional sampe McD, tapi satu hal kendala di Muscat adalah transportasi publik, rute bus mudah buat dihafal tapi menunggunya sembari ngemil kuaci 15-30 menit, ya lumayanlah menurut saya. 3 hari buat makan dan transport di Muscat hanya 3 riyal Oman (kartu saya diblok jadi bawa cash seadanya, masalah? Ah ga dong, pengalaman iya).

Tips lain dari pengalaman saya; 
– Saya coba apply visa online, ditolak. Lebih baik VoA untuk warga Indonesia 6 OMR (5 OMR visa + 1 OMR service fee). Pengalaman 2x beli visa dalam satu perjalanan (satu gagal, abisnya baru sukses), tetep gada rugi buat pengalaman.
– Hotel rata-rata memang agak mahal, tapi tetep murah kalo dibanding ga tidur kan. Kebetulan ga nemu hostel juga disini, dompet mesti ngalah lah sekali-sekali.
– Kalo budget cukup jalan-jalan pake taxi, mending pake taxi ato rent car aja. Mudah dan lebih nyaman, daripada kek saya nunggu bus.

Pictures gallery of Backpacker Ini Solo Traveling Ke Muscat

  • e4
Advertisement
advertisement
Backpacker Ini Solo Traveling Ke Muscat | Backpacker | 4.5