Backpacker Ini Menikmati Amazing Winter Di Korea

Tuesday, March 5th, 2019 - Korea Selatan
Advertisement
advertisement

Selamat malam semua, karena winter di korea hampir berlalu dan beberapa bulan yg lalu aku pernah sharing tentang autumn di korea, jd sekarang aku mau share tentang winter di Korea. Kalau yg ingin baca tentang autum bisa buka link ini https://m.facebook.com/groups/1468005403448997?view=permalink&id=2246591168923746. Beberapa member sempat nanya ke aku beberapa pertanyaan seperti, winter di korea dingin gak ya? Atau klo winter enaknya kemana aja ya? Bawa perlengkapan apa aja ya? Nah berdasarkan pengalamanku selama 2 kali winter di korea jd aku bakalan sharing yg lebih menceritakan pengalaman ngadepin winter. Krn setiap org punya kondisi dan ketahanan tubuh yg berbeda2 jadi mgkn sblmnya aku jelaskan dulu mengenai kondisi tubuhku. Alhamdullillah aq termasuk org yg tidak memiliki mslh dgn pernafasan dalam artian aq tidak memiliki penyakit asma maupun penyakit paru2 lainnya, tapi aku memiliki alergi dingin berupa bentol2 merah gitu yg pada umumnya disebut biduran atau liman. Dan alergiku ini lumayan berat sih krn klo lagi cape dan kondisi tubuh gak fit bisurannya sampai ke wajah jd wajahku, mataku dan mulutku sampai bengkak, tp alhamdullillah selama winter di Korea blom pernah biduran yg parah sampai ke wajah. Jadi apa saja yg dipersiapkan jika jln2 saat winter.

1. Kondisi tubuh
Usahakan tubuh harus fit. Jadi aku selalu usahakan makan tepat waktu dan minum vitamin. Udh dua kali winter ini biduranku jarang muncul (baru 4 kali dan itu selalu muncul saat aku abis main salju), tp setiap balik dr Indonesia, dan nginjakin kaki di Korea selalu pas salju lagi turun, dan besoknya aku selalu terserang batuk yg berkepanjangan. Kata dokter sih krn perbedaan suhu yg ekstrim dan penerbangan yg panjang jd badan lelah mudah terserang penyakit. Dikasih obat dokter sih tp aku lebih milih minum obat herbal, seperti tolak angin dan wkt itu aku pernah dikasih obat herbal dalam kemasan botol oleh temanku tp aku gak tau merknya apa. Gak ada logo halal tp bahan2nya non pork dan tumbuh2an gitu, hangat, agak sepat2 rasanya tp besok batukku gak kumat lagi.

2. Obat2an
Kalau aku selalu sedia minyak kayu putih, minyak tawon, tolak angin, dan incidal (obat alergiku). Jd selama winter kalau mau keluar rumah aku selalu mengoleskan badanku dgn minyak kayu putih (biar deh dibilang kaya anak kecil atau ntar bau minyak kayu putih gak pa2 deh. Lagian minyak kayu putih jg lumayan klo dihirup saat meredam bau2 tak sedap di subway 🤣). Incidal aku minum klo biduran kumat parah dan minum hanya malam hari krn efek sampingnya kan ngantuk. Klo minum pas jln2 ntar gak bisa menikmati jln2 krn ngantuk trs ketiduran di subway (krn aku pernah kok gak minum obat tapi ttp aja ketiduran di subway 🤣 dan kebangun pas subwaynya udh di pemberhentian terakhir 😂).

3. Pakaian winter
Klo suhu ekstrim (aku sih di 0 derajat) pasti kalau keluar udh harus mengeluarkan padding/jaket winter yg tebal (di foto yg warna hitam). Trs waktu ke nami pas suhu minus 12 derajat, aku pakai perlengkapan long john sepasang (baju + celana) trs pake celana panjang bahan wol hangat dan kemeja bahan katun trs pake padding. Perlengkapan lain adlh sarung tangan dan syal leher. Kaos kaki winter (yg tebel) dan sepatu boat khusus winter. Kalau mau main salju usahakan ya pake sepatu yg gak licin telapaknya karena banyak sekali kecelakaan terjadi karena terpeleset saat salju. Jujur aja biasanya klo pas winter abis turun salju aku bakalan sering ketemu org2 yg pake tongkat kruk krn abis jatuh malah baru2 ini ada temenku yang kepeleset saat salju turun dan kakinya patah dan ternyata biaya operasi pasang pen lumayan mahal, 2.000.000 won. Jd lebih baik mencegah drpd terjadi hal2 yg tdk diharapkan. Mgkn kalau yg tdk berjilbab bisa pake penutup kuping yg hangat soalnya kalo kuping kedinginan itu rasanya gak enak lho. Pake masker wajah juga penting lho karena angin winter itu klo kena wajah rasanya kaya menusuk2 gitu.

4. Hot pack
Kalau sudah pakai pakaian winter msh dingin jg mgkn bisa beli hot pack yg byk dijual di convinient store seperti e mart, gs25, cu, sevel dll. Kalau aku sih lebih suka pakai hot pack yg cukup dipegang2 aja di tangan bkn yg ditempel2 di baju gitu. Tinggal taruh di kantong, trs di remas pake tangan selama perjalanan udh lumayan menghangatkan.

Trs enaknya kemana aja kalau pas winter. Sbnrnya sih byk sekali wisata winter berupa sky resort di Korea seperti vivaldi dan muju resot, tp entah kenapa aku kurang tertarik untuk kesana. Mgkn krn aku punya biduran jd takut gak menikmati karen sibuk dgn gatal2 di badanku dan mgkn krn aku gak bisa main sky. Hanya saja klo emang ingin ke sky resort mesti cek accu weather deh soalnya tmnku baru2 ini ke muju gak bisa menikmati naik gondola dan menikmati main sky krn tiba2 kabut tebal turun. Selain itu kalau ingin menikmati yg hangat2 mgkn bisa main ke jimjilbang. Untuk pengalamanku main ke jimjilbang bisa baca di link ini https://m.facebook.com/groups/1468005403448997?view=permalink&id=2283945858521610.

Seperti yg aku bilang sebelumnya, kalau winter, aku lebih suka narik selimut di apartemen daripada jln2. Dan disaat winter mencapai puncaknya aku milih untuk mudik ke Indonesia 🤣. Tp jujur saja aku lebih suka sesi foto2 saat winter apalagi foto2 saat pohon2 sudah gundul tanpa daun2 karena lebih terlihat cerah apalagi kalau pake baju yang berwarna cerah. Tp jgn salah ya di beberapa foto di bawah yg aku foto hanya pakai kaos doang itu sbnrnya nahan dingin banget. Aku pernah kok foto2 pake hanbok modern di musim dingin di suhu 0 derajat. Soalnya matahari bersinar dan lagi bagus2nya aja warna langit, pohon dan alamnya. Soalnya kalau kita pake baju cerah saat spring itu bakalan kalah dengan warna bunga2 yg bermekaran. Jd menurut aku pribadi sih, aku selalu suka foto2 di saat winter dgn pakaian cerah walaupun utk org2 korea sendiri selalu pakai pakaian berwarna gelap seperti hitam, abu2 dan coklat di saat winter. Ini beberapa tempat yg menurut aku indah disaat winter (periode foto2 ini diambil Desember 2017-Februari 2018 dan Desember 2018-Februari 2019).

Sorry klo postingannya panjang ya soalnya aku emang gak jago nulis jadi apa yang ada di pikiranku, itu deh yg aku tulis. Happy travelling semua.

#bikorea #biwinter #biwinterinkorea #binamiisland #bidaegu #bibusan#bigyeongju

Pictures gallery of Backpacker Ini Menikmati Amazing Winter Di Korea

Advertisement
advertisement
Backpacker Ini Menikmati Amazing Winter Di Korea | Backpacker | 4.5